Single post

4 Jenis Masalah Kesehatan yang Akan Dialami Oleh Perokok

obatperokok.com,- Meskipun telah banyak iklan pelayanan masyarakat yang menyerukan dampak negatif dari merokok, namun tidak sedikit masyarakat yang masih belum mengetahuinya.

Tembakau yang terkandung didalam rokok memiliki kandungan zat kimia, salah satunya nikotin yang berbahaya bagi kesehatan. Merokok memiliki dampak yang sangat besar bagi kesehatan, serta dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

4 Jenis Masalah Kesehatan yang Akan Dialami Oleh Perokok

Berikut ini 4 jenis masalah kesehatan yang akan dialami oleh perokok :

  • Emfisema

Emfisema merupakan salah satu dari penyakit paru obstruktif kronis atau yang disebut juga PPOK. Emfisema disebabkan oleh kebiasaan merokok dan juga beberapa faktor lain, seperti polusi udara dan juga genetik yang turut berperan kecil. Asap rokok yang masuk ke dalam paru-paru dapat menyebabkan kerusakan permanen gejala-gejalanya, diantaranya sesak napas, bibir dan kuku membiru atau abu-abu, kelelahan dan berat badan menurun tanpa adanya usahauntuk menurunkan.

  • Stroke

Stroke merupakan dampak negatif pertama yang bisa dialami oleh perokok. Seorang perokok memiliki risiko 2 kali lipat terkena iksemik stroke yang diakibatkan oleh pembekuan darah pada otak, 4 kali lipat berisiko terkena hemoragik stroke (pecahnya pembuluh darah), dan perokok juga cenderung terkena stroke pada usia yang jauh lebih muda dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok. Selain stroke, merokok juga dapat menyebabakn aterosklerosis aatu penumpukan plak di dalam pembuluh darah dan dapat membuat darah menjadi beku.

Baca Juga : Obat Penyakit TBC Paru pada Perokok

  • Serangan Jantung

Merokok dapat membuat penurunan oksigen ke jantung, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, peningkatan pembekuan darah dan dapat mersak sel-sel yang melapisi arteri koroner dan pembuluh darah lainnya.

  • Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru di awali dengan batuk yang terjadi secara terus menerus dan tidak kunjung sembuh serta disebabkan oleh kebiasaan merokok. Batk yang dikeluarkan dari mulut, terutama batuk berdahak encer yang bisa mengeluarkan darah dan menyebabkan sesak napas. Napas berbunyi dan nyeri dada, badan menjadi kurus, lesu, lemah, dan paru-paru terendam cairan.

Kini setelah mengetahui 4 jenis masalah kesehatan yang akan dialami oleh perokok, diharapkan Anda bisa mengurangi kebiasaan merokok Anda agar kemungkinan serangan penyakit berbahaya tersebut akan berkurang. Serta berhenti merokok juga baik untuk kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Semoga bermanfaat.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes