Single post

Alasan Rokok Sebabkan Kemandulan

Rokok memiliki segudang bahaya bagi semua orang baik yang menjadi perokok aktif maupun hanya sekedar perokok pasif saja. Kebiasaan merokok dianggap menyenangkan dan bagi beberapa orang dan perokok aktif menjadi lupa akan segalanya hanya dengan menghisap satu batang rokok saja. Padahal di dalam rokok tersebut mengandung berbagai macam racun yang sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia dan tentunya dapat merusak berbagai organ di dalam tubuh khususnya pada saluran pernapasan bahkan dapat memicu timbulnya resiko kemandulan pada pria. Alasan rokok sebabkan kemandulan pada pria yang akan kita bahas kali ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

Alasan Rokok Sebabkan Kemandulan pada Pria

Alasan Rokok Sebabkan Kemandulan

Kemandulan pada pria menjadi salah satu dampak negatif besar yang dapat dirasakan oleh perokok aktif laki-laki. Kemandulan menjadi suatu kondisi seorang pria tidak mampu untuk menghasilkan kehamilan karena tidak bisa memproduksi sel sperma yang sehat. Racun yang terdapat pada rokok dapat memicu untuk terjadinya penyumbatan pembuluh darah sehingga membuat jalannya darah tidak berlangsung dengan baik termasuk ke alat vital. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan kualitas dan kuantitas pada cairan sperma pun menjadi berkurang. Berikut ini beberapa pengaruh rokok terhadap kualitas sperma yang menjadi alasan rokok sebabkan kemandulan pada pria, diantaranya :

Konsentrasi Sperma

Konsentrasi sperma dapat bergantung pada jumlah sperma yang terdapat di dalam cairan semen. Dari hasil sebuah studi mengungkapkan bahwa konsentrasi sperma pria yang merokok berkurang hingga 23% dibandingkan dengan mereka yang bukan seorang perokok.

Morfologi Sperma

Morfologi sperma mengacu pada bentuk dari sperma secara detail, mulai dari badan hingga ekor. Rokok secara langsung dapat berpengaruh buruk pada hormon dan kesuburan pria. Sperma yang memiliki bentuk tidak normal akan mengalami kesulian dalam berenang untuk mencapai sel telur. Kadar sperma sehat dengan bentuk yang normal pada pria perokok lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan pria yang tidak merokok.

Motilitas Sperma

Motilitas sperma atau kemampuan berenang sperma untuk mencapai sel telur sangat penting untuk selalu terjaga. Jika tidak, sperma kesulitan dalam bergerak lincah maka dapat mengurangi terjadinya pembuahan karena sulit untuk mencapai sel telur. Kebiasaan merokok menyebabkan pria yang menjadi perokok memilki motilitas sperma yang berkurang hingga 13%.

Suatu keputusan yang sangat bijaksana bagi anda perokok bila memutuskan untuk berhenti merokok. Kesehatan anda dan termasuk kesehatan kesuburan anda sangatlah penting untuk terjaga agar mendapatkan keturunan bisa terwujud tanpa adanya hambatan dari bahaya rokok. Mengonsumsi obat perokok berat pun dapat menjadi solusi yang tepat untuk anda para perokok berat dalam memperbaiki kondisi kesehatan tubuh. Semoga informasi mengenai alasan rokok sebabkan kemandulan pada pria diatas dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung 😉

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes