Single post

Anak dari Ibu Perokok Berisiko Alami Sakit Ginjal Kronis

obatperokok.com,- Ibu perokok aktif selama kehamilan berpotensi melahirkan anak yang cenderung mengalami masalah ginjal pada usia 3 tahun. Hasil penelitian dalam Journal Clinical of American Society of Nephrology menyebutkan, salah satu faktor risiko ibu merokok saat kehamilan adalah terjadinya proteinuria pada si kecil. Kondsii ini menunjukkan jumlah abnormal protein dalam urin dan menjadi pertanda adanya penyakit ginjal. Efek ini biasanya timbul ketika anak beranjak usia 3 tahun.

Menurut Koji Kawakami, dari Universitas Kyoto, Jepang, ibu yang merokok selama kehamilan sering dihubungkan dengan kelahiran prematur, berat badan rendah, dan asfiksia neonatal. Temuan ini sebagai efek samping tambahan.

Untuk penelitian ini, tim riset melakukan tes proteinuria dalam tes urin. Mereka melibatkan 44.595 anak-anak yang berusia 3 tahun. Hasil tes tersebut menunjukkan tingkat prevalensi proteinuria pada anak dengan ibu yang merokok mencapai 78,9%, merokok pada masa lalu sebesar 4,4%, dan merokok selama 3 tahun terakhir sebesar 16,7%.

Ibu yang merokok selama kehamilan dikaitkan 1,24 klai peningaktan risiko proteinuria dibandingkan dengan anak yang tidak mendapat paparan asap rokok selama kehamilan.

“Pencegahan proteinuria pada anak penting. Proteinuria bisa menyebabkan perkembangan penyakit ginjal kronis dan berlanjut pada tahap selanjutnya,” tukas Kawakami.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes