Single post

Bahaya dari Asap Rokok

Selamat datang si website obat untuk perokok. Apa anda seorang perokok aktif atau orang yang sering dekat dengan perokok sehingga menjadi perokok pasif? Jika memang anda termasuk dalam kategori tersebut, kali ini kami akan membahas bahaya dari asap rokok untuk kesehatan paru paru baik untuk perokok aktif maupun perokok pasif.

Bahaya dari Asap Rokok untuk Kesehatan Paru Paru

Bahaya dari Asap Rokok untuk Kesehatan Paru ParuDi kalangan masyarakat, merokok sudah tidak asing lagi dilakukan dan tentunya menjadi suatu kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan terutama pada paru-paru.

Meskipun telah jelas disebutkan bahwa merokok dapat memicu untuk terjadinya berbagai penyakit, namun masih banyak saja yang menjadikan merokok sebagai kebiasaan sehari-hari. Bahaya yang dapat ditimbulkan dari asap rokok tidak hanya untuk kesehatan perokok saja , namun orang-orang yang berada disekitarnya juga akan terkena dampaknya.

Partikel pada asap rokok yang dihirup oleh perokok terdiri dari nikotin, tar, fenol, benzopiren dan kadmium. Gas pada asap rokok sendiri terdiri dari karbon monoksida, karbon dioksida, amonia, oksida nitrogen, senyawa hidrokarbon dan hidrogen sianida. Merokok dapat merubah struktur dan fungsi jaringan pernapasan dan paru-paru. Jumlah sel dapat mengalami peradangan dan juga akan terjadinya kerusakan alveoli pada jaringan paru-paru. Peradangan ringan hingga terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan kecil yang diakibatkan dari meningkatnya jumlah sel dan penumpukan lendir dapat disebabkan oleh merokok.

Fungsi dari paru-paru secara terus-menerus dapat semakin memburuk selama seseorang terus menjadi perokok. Paparan asap rokok terhadap paru-paru dalam jangka panjang dari asap tembakau dapat menghancurkan struktur paru-paru yang normal dan dinding elastis dari saluran udara kecil menjadi rusak dalam paru-paru. Pada saat merokok, tar yang terkandung di dalam rokok akan ikut terhisap dan mengendap di paru-paru. Hal ini dapat membuat rambut kecil yang melapisi paru-paru yang bertugas untuk membersihkan kuman dan yang lainnya keluar dari paru-paru anda akan ikut terkena dampak negatif.

Bahaya dari asap rokok dapat secara langsung anda rasakan sehari-hari seperti batuk, sesak napas, rentan terhadap infeksi, mudah merasa lelah serta mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan adanya kesulitan untuk bernapas. Merokok diibaratkan kita sedang menampung racun di dalam tubuh sedikit demi sedikit dapat menjadi menumpuk bila terus-menerus dilakukan. Ini dapat membuat resiko terjadinya berbagai penyakit di masa tua akan lebih tinggi bagi orang yang memiliki kebiasaan merokok. Menghirup asap rokok yang bercun bukan hanya berbahaya untuk sang perokok saja, namun orang-orang yang berada disekitarnya pun akan terkena dampaknya.

Dampak merokok yang sangat negatif untuk kesehatan mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga anda, namun karena gejala yang ditimbulkan masih ringan dan membuat anda merasa bahaya rokok masih bisa untuk ditangani. Namun, jangan salah bahaya dari asap rokok akan semakin memburuk bila kebiasaan merokok terus anda lakukan dan bahaya yang serius dapat anda rasakan di masa tua nanti. Untuk itu, segera kurangi dan hentikan kebiasaan merokok anda agar masa muda bahkan masa tua anda akan menjadi sehat dan kehidupan pun akan anda nikmati dengan baik. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat. Terimakasih teleh berkunjung 😉

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes