Single post

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

Merokok sudah terbukti sangat merugikan kesehatan. Dalam merokok ada 2 jenis perokok yakni perokok aktif dan perokok pasif. Disini yang akan kita bahas adalah bahaya menjadi perokok pasif. Bukan hanya perokok aktif saja yang mencari obat perokok berat, namun perokok pasif juga banyak yang mencarinnya untuk menjaga kesehatan dari asap rokok yang terhirupnya.

Bahaya Menjadi Perokok Pasif untuk Kesehatan

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok secara langsung namun ikut menghisap asap rokok dari orang-orang yang merokok disekitarnya. Perokok jenis ini juga bisa terkena dampak berbahaya dari asap rokok yang dihirupya. Asap rokok yang tersebar di udara dapat mengandung lebih dari 7000 jenis bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Senyawa seperti amonia, sulfur dan formaldehida yang terdapat di dalam asap rokok bisa mengakibatkan iritasi pada mata, hidung, paru-paru, tenggorokan dan bagian tubuh lainnya. Senyawa tersebut dapat menjadi sangat berbahaya untuk perokok pasif apalagi bagi orang yang memiliki gangguan kesehatan pada saluran pernapasan seperti asma atau bronkitis yang dapat memicu untuk semakin memburuknya penyakit yang diderita.

Berikut ini ada beberapa penyakit yang dapat diderita oleh perokok aktif maupun perokok pasif diantaranya :

Kanker Paru Paru

Kanker paru-paru sangat rentan terjadi pada perokok pasif. Resiko untuk terjadinya penyakit ini pada perokok pasif dapat mningkat hingga sekitar 20-30 %. Hal ini terjadi karena perokok pasif dapat menghirup lebih dari 4000 zat kimia yang 69 diantaranya dapat memicu untuk terjadinya kanker terutama pada paru-paru.

Penyakit Koroner

Orang yang tidak merokok namun hidup dilingkungan yang sering terkena asap rokok memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner. Hal ini karena asap rokok dapat membuat darah menjadi lengket sehingga aliran darah cenderung menjadi tersumbat. Dengan begitu akan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Penyakit Penyempitan Pembuluh Darah

Penyempitan pembuluh darah atau arteriosklerosis dapat disebabkan karena adanya pengerasan pembuluh darah di jantung. Penyumbatan atau pengerasan ini dapat berakibat datal yang dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke serta dapat menjadi penyebab kematian mendadak bila darah telah menggumpal dan bercampur dengan lemak.

Selain itu mejadi perokok pasif dapat beresiko untuk terkena penyakit lainnya dan yang dibahas diatas hanyalah sebagian besar saja penyakit yang sering menyerang perokok pasif. Untuk itu, agar anda terbebas dari bahaya perokok pasif usahakan lingkungan rumah anda terbebas dari asap rokok juga memastikan tamu yang datang ke rumah anda tidak merokok. Anda juga harus menjaga jarak bila beraktivitas bersamaan dengan orang yang merokok. Semoga bermanfaat 😉

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes