Single post

Bahaya Merokok Didekat Anak

Bahaya Merokok Didekat Anak – Kebanyakan para perokok berat menganggap merokok dapat menenangkan jiwa juga meredam semua masalah yang terjadi serta mengurangi depresi yang dirasakan sehingga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan terus melakukan kebiasaan merokok walaupun sudah mengetahui bahwa rokok itu berbahaya, bahkan merokok dekat anak pun tidak menjadi hal yang tabu di kalangan masyarakat.

Bila ingin menenangkan jiwa, menghilangkan depresi maupun mencari inspirasi bisa kita dapatkan dengan cara yang lebih positif bukan hanya bergantung pada rokok yang memiliki dampak negatif pada diri sendiri maupun orang lain yang berada didekat kita terutama anak-anak yang tentu sebagai orang tua ingin melihatnya tumbuh sehat. Menenangkan jiwa bisa kita dapatkan dengan cara lebih dekat dengan Tuhan, melakukan rekreasi maupun berolahraga yang tentunya lebih sehat bagi tubuh kita.

Bahaya Merokok Didekat Anak

Bahaya Merokok Didekat Anak

Di dalam bungkus rokok telah terdapat kalimat “Merokok Membunuhmu” ini berarti merokok sama saja dengan pada kematian dan bila merokok di dekat anak membuat sang buah hati yang kita cintai menjadi perokok pasif. Orang tua yang membiarkan anaknya menjadi perokok pasif sama sama menggiringya pada maut.  Inilah bahaya merokok di dekat anak yang sering diabaikan para orang tua yang perlu diperhatikan.

Perokok pasif bagi anak-anak maupun orang dewasa lebih berbahaya di banding dengan perokok aktif. Mengapa demikian ? Secara logika kita berpikir kalau lebih berbahaya perokok pasif yang jelas menghisap rokok bukan ? Namun menurut hasil survei terbaru ternyata lebih dari 1000 orang yang menjadi perokok pasif meninggal dunia setiap tahunnya karena terpapar asap rokok disekitar mereka. Apalagi yang masih anak-anak beresiko lebih tinggi bahayanya untuk kesehatan baik dalam jangka panjang maupun pendek.

Dibawah ini ada beberapa dampak buruk dari merokok yang dilakukan didekat anak :

Sudden Death Syndrome (SDIS)

Sudden Death Syndrome (SDIS) atau sindrom kematian bayi mendadak sering terjadi pada bayi berusia di bawah 1 tahun. Ini disebabkan karena asap rokok dapat mengganggu jalannya napas sang buah hati.

Pertumbuhan paru-paru terhambat

Kesehatan anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat penting untuk selalu diperhatikan. Pertumbuhan paru-paru anak yang sering terkena asap rokok dapat terhambat. Asap rokok meskipun secara kasat mata telah hilang namun dapat menempel di baju. Zat-zat berbahaya rokok akan mudah masuk ke saluran paru-paru melalui saluran napas sang anak dari pakaian yang dipakai saat merokok.

Terkena bronkitis dan penumonia

Bronkitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada saluran primer di paru-paru yang dapat berkembang menjadi pneumonia yang berarti radang-paru-paru lebih dalam. Penyakit ini sering terjadi pada anak yang orang tuanya merokok sehingga sering terkena asap rokok yang berbahaya.

Beresiko masalah pernapasan saat dewasa

Resiko masalah pernapasan seperti batuk-batuk hingga asma dapat lebih tinggi untuk anak yang sering terkena asap rokok saat dewasa nanti. Memang saat kecil dampak buruk ini tidak terlihat, namun pada saat dewasa anak bisa terkena masalah pernapasan bila berada disekitar perokok.

Selain dampak diatas, merokok didekat anak juga biasanya bisa membuat anak tumbuh sebagai perokok ketika menginjak dewasa ataupun di usia yang masih muda tanpa diketahui oleh orang tua. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan biasanya akan meniru apa yang telah dilihatnya dan keluarga adalah orang terdekat yang perilakunya lebih mudah untuk ditiru dan tidak menutup kemungkinan bisa juga dilakukanya kelak. Hentikan kebiasaan merokok sebelum rokok yang dapat menghentikan nyawamu dan orang-orang yang berada disekitarmu.

Sayangi kesehatan anda dan orang-orang yang berada disekitar anda dari dampak rokok, terutama terganggunya fungsi paru-paru yang menjadi organ penting untuk hidup kita. Hentikan kebiasaan merokok walaupun memang sulit, tetapi bisa dilakukan secara perlahan jika sungguh-sungguh ingin menjalankan hidup yang lebih sehat. Jangan lupa juga bersihkan racun yang telah berada di dalam paru-paru dengan mengonsumsi obat pembersih paru-paru perokok untuk memulihkan kesehatan anda. Semoga bermanfaat 😉

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes