Single post

Bahaya Merokok Setelah Berbuka Puasa yang Harus Diketahui

obatperokok.com,- Selain termasuk kewajiban dari seorang muslim di bulan Ramadhan, ternyata puasa juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan, salah satunya untuk membersihkan tubuh dari racun. Pada saat berpuasa, waktu berbuka merupakan moment yang paling ditunggu. Pasalnya, pada waktu tersebut kita bisa makan dan minum untuk melepaskan dahaga dan rasa lapar setelah seharian tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman apapun.

Makanan dan minuman akan terasa lebih nikmat ketika berbuka. Maka tak heran jika berbagai aneka makanan dan minuman favorit tersaji pada waktu berbuka. Selain makan dan minum, waktu berbuka juga merupakan waktu yang tepat bagi perokok untuk menghisap 1 atau 2 batang rokok. Namun, apakah Anda tahu bahwa merokok setelah berbuka memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh ? Simak bahaya merokok setelah berbuka puasa yang harus diketahui selengkapnya disini !

Berbagai Bahaya Merokok Setelah Berbuka yang Harus Diketahui

Bahaya Merokok Setelah Berbuka Puasa yang Harus Diketahui

Bagi para perokok aktif yang ingin menghilangkan kebiasaan merokok seharusnya dapat memanfaatkan momentum Ramadhan untuk menghentikan kebiasaan merokok secara permanen. Namun, sebagian besar perokok tetap melanjutkan kebiasaan buruk ini tanpa menyadari adanya risiko yang lebih besar.

Merokok saat berbuka puasa sangatlah berbahaya, karena kepulan asap rokok yang dihirup saat perut kosong dalam jangka waktu yang lama dapat memicu gejala kontraksi kardiovaskular serius.

Dokter spesialis jantung di KPJ Tawakkal Specialist Hospital Kuala Lumpur, Malaysia ini menyebutkan baha setelah seharian berpuasa, tubuh memerlukan lebih banyak cairan, glukosa, dan oksigen. Dengan merokok, maka dapat berakibat pada kontraksi pembuluh darah yang akan menghambat aliran oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga dapat menjadi pemicu srangan jantung. Dimana secara tiba-tiba terjadi pembatasan atau pemutusan aliran darah ke jantung yang menyebabkan otot jantung (miokard) mati karena kekurangan oksigen.

Baca Juga : Tips Berpuasa Bagi Perokok

Tidak hanya itu, merokok saat berbuka puasa juga dapat menimbulkan dampak radikal bebas hingga 2 kali lipat pada tubuh. Radikal bebas dapat mengakibatkan penuaan dan timbulnya berbagai penyakit, merusak sel-sel tubuh, sampai menimbulkan sel-sel abnormal dalam tubuh, seperti kanker.

Dengan begitu, usahakan untuk hindari merokok setelah berbuka puasa. Dan dahulukan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Jika Anda langsung merokok pada saat berbuka puasa, maka racun rokoklah yang akan langsung diserap oleh tubuh.

Tidak hanya itu, bahaya merokok setelah berbuka puasa yang harus diketahui selanjutnya yaitu dapat menyebabkan nafsu makan dan minum berkurang. Sehingga dampak tubuh terkenan radikal bebas akan semakin besar.

Maka dari itu, mari mulai dari sekarang hentikan kebiasaan merokok setelah berbuka puasa yang justru dapat menimbulkan berbagai dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes