Single post

Mengungkap Bahaya Rokok Filter Bagi Kesehatan Tubuh

Mengungkap Bahaya Rokok Filter Bagi Kesehatan Tubuh,- Meskipun memiliki dampak negatif terhadap kesehatan tubuh, nyatanya rokok merupakan salah satu hal yang cukup banyak diminati. Diketahui rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan timbulnya kanker, gangguan pernapasan, dan berbagai penyakit lainnya.

Maka dari itu, pada awal tahun 1950, pabrik dan produsen rokok mulai menciptakan rokok dengan filter yang bertujuan untuk mengurangi zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Namun, apakah rokok filter benar-benar lebih aman dibandingkan dengan rokok non filter ?

Pada umumnya filter rokok dibuat dari selulosa asetat yang biasa didapat dari olahan kayu. Materi ini digunakan karena keammpuannya untuk menyaring tar dan nikotin dari rokok. Dalam satu filter rokok dapat memiliki 12.000 serabut yang terbuat dari selulosa asetat, dan serabut ini dapat ikut terhisap ke dalam paru-paru bersamaan dengan asap rokok.

Selain itu, filter rokok juga memiliki dampak negatif terhadap lingkungan. Hal ini karena selulosa asetat tidak dapat diurai oleh alam, sehingga jumlahnya dapat terus menumpuk. Diperkirakan bahwa 845.000 ton filter rokok dibuang setiap tahunnya. Filter rokok yang tersebar di lautan juga memiliki dampak negatif terhadap makhluk hidup yang mencernanya secara tidak sengaja.

Fungsi Filter Rokok

Filter rokok dapat mengurangi tar dan nikotin secara signifikan dari rokok yang dihisap. Hal ini dipercaya dapat menurunkan efek negatif dari rokok terhadap tubuh.

Kandungan tar yang tinggi pada rokok dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker paru pada perokok. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa rokok tanpa filter dapat meningkatakn risiko terjadinya kanker paru-paru dibandingkan dengan rokok filter.

Bahaya Filter Rokok Bagi Kesehatan Tubuh

Meskipun selama ini filter rokok dipercaya dapat menyaring jumlah nikotin dan tar secara signifikan, namun ternyata filter rokok sendiri juga memiliki bahaya terhadap tubuh. Salah satu bahaya filter rokok bagi kesehatan tubuh yaitu serabut-serabut pada filter rokok dapat terhirup bersamaan dengan asap rokok. Serabut tersebut juga dapat mengandung tar dari asap rokok yang mengandung zat-zat berbahaya penyebab kanker.

Disamping itu, banyak perokok yang beranggapan bahwa rokok dengan filter jauh lebih aman dibandingkan dengan rokok tanpa filter, sehingga mereka cenderung meningkatkan jumlah rokok yang dikonsumsi setiap harinya.

Para pengguna rokok filter juga cenderung menghirup asap rokok lebih dalam dibandingkan perokok non filter, sehingga semakin banyak zat-zat berbahaya dari rokok yang terhisap masuk ke dalam paru-paru.

Pada akhirnya, rokok akan tetap memiliki dampak negatif terhadap tubuh manusia, baik dnegan penggunaan filter ataupun tanpa filter. Maka dari itu, sebaiknya kita membatasi penggunaan rokok disebabakn karena dampak negatif dari rokok terhadap tubuh dan terhadap lingkungan serta membahayakan makhluk hidup di sekitar.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes