Single post

Cara Mengurangi Risiko Tumor Paru Pada Non Perokok

Cara Mengurangi Risiko Tumor Paru Pada Non Perokok,- Merokok memang menjadi salah satu penyebab tumor paru, namun tidak semua kasus tumor paru terjadi pada perokok ataupun mantan perokok. Beberapa kondisi juga berpotensi menyerang mereka yang tidak merokok.

dr Rezki Tantular, SpP, dokter spesialis paru, menuturkan bahwa tumor paru khususnya yang ganas (kanker paru) seperti halnya kebanyakan penyakit kanker yang lain, hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun beberapa teori menyatakan bahwa kanker paru merupakan penyakit yang bersifat poligenik dan multifaktoral.

Yang dimaksud dengan poligenik adalah dipengaruhi oleh banyak gen yang terlibat, gen merupakan suatu potongan DNA yang diturunkan oleh orang tua, terdapat puluhan ribu gen dalam tubuh manusia, dan dari puluhan ribu gen tersebut terdapat beberapa diantaranya yang dianggap berpengaruh terhadap perkembangan penyakit kanker. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan terjadinya kanker pada mereka dengan orangtua yang juga memiliki kanker.

Sedangakn yang dimaksud dengan multifaktoral, menurut dr Rezki adalah banyaknya faktor yang terlibat dalam perkembangan penyakit kanker itu sendiri, seperti halnya asap rokok, paparan radioaktif, diet, hormon, infeksi, genetika, dll. Rokok merupakan salah satu faktor risiko saja, sedangkah hal-hal yang lain juga tetap berpengaruh terhadap terjadinya penyakit kanker.

dr Rezki menyebutkan bahwa untuk mengurangi risiko kanker paru-paru adalah dengan melakukan perubahan atau modifikasi faktor-faktor yang bisa diubah. Jika kita tidak dapat mengubah susunan gen kita, maka kita dapat melakukan perubahan faktor risiko terjadinya kanker paru dengan menjalankan pola hidup sehat, salah satunya berhenti merokok yangmerupakan faktor penting dalam mengurangi risiko kanker paru.

Selain itu, melakukan diet yang baik dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan serta menghindari mengonsumsi junk food juga akan menurunkan risiko terjadinya kanker paru. Disamping itu, Anda juga bisa menguji rumah Anda untuk gas karbon, menghindari asap rokok, dan membatasi ekspos polusi di tempat kerja.

Semoga informasi seputar cara mengurangi risiko tumor paru pada non perokok diatas bermanfaat dan bisa membantu untuk mencegah terjadinya tumor paru pada mereka yang bukan termasuk perokok.

Baca juga :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes