Single post

Cara Nikmat Ini Bantu Hentikan Kecanduan Anda pada Rokok

Cara Nikmat Ini Bantu Hentikan Kecanduan Anda pada Rokok,- Meskipun diketahui memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan, namun tidak sedikit masyarakat yang tetap melakukan kebiasaan merokok. Merokok merupakan candu bagi para penikmatnya.

Di Indonesia sendiri, setiap tahunnya jumlah perokok aktif terus meningkat. Bahkan, sekarang tidak sedikit anak kecil di Indonesia yang sudah merokok. Hal tersebut bukanlah merupakan sesuatu yang tabu. Padahal, pemerintah telah mengeluarkan himbauan agar masyarakat berhenti merokok.

Dibandingkan manfaat, rokok memiliki lebih banyak kandungan senyawa yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Bukan hanya bagi perokok itu sendiri, tetapi kebiasaan ini juga bisa menimbulkan bahaya bagi orang-orang yang ada disekitarnya yang menjadi perokok pasif.

Menghentikan kebiasaan merokok, terlebih lagi bagi mereka yang sudah kecanduan memang bukanlah hal yang mudah. Namun, beberapa cara nikmat berikut ini bisa bantu hentikan kecanduan Anda pada rokok. Apa sajakah itu ? Simak uraiannya di bawah ini !

  • Kunyah permen

Mengunyah permen, baik permen karet ataupun permen biasa, bisa membantu Anda untuk mengurangi kecanduan merokok. Mengunyah permen bisa menggantikan sebatang rokok sebagai ‘makanan’ sehari-hari perokok aktif. Karena dengan mengunyah permen, mulut jadi tetap sibuk selain merokok.

Akan lebih baik lagi jika Anda menghindari permmen karet bebas gula. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan sebagainya. Pasalnya, banyak oran yang sangat suka mengonsumsi minuman tersebut bersamaan dengan rokok.

  • Mengonsumsi buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan, terutama buah-buahan yang mengandung vitamin C, sebagai pengganti rokok sebagai pencuci mulut setelah makan juga bisa menjadi cara selanjutnya untuk mengurangi kecanduan merokok.

Hal ini disebabkan karena rasa segar dari buah-buahan akan menghilangkan nafsu merokok. Selain itu, buah-buahan juga kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan.

  • Mengonsumsi Kacang-kacangan

Konsumsilah kacang-kacangan, seperti almond, kacang mete, kacang tanah, dan jenis kacang lainnya untuk menggantukan rokok. Sama halnya dengan permen karet, mengonsumsi kacang-kacangan bisa membuat mulut terstimulasi untuk mengonsumsi biji-bijian tersebut. Dengan begitu, maka kebiasaan merokok akan terlupakan.

  • Minum dan menghirup aroma teh

Jika ingin berhenti merokok, Anda bisa mencoba untuk minum teh setiap saat, baik di pagi, siang, ataupun sore hari. Ingat, sebelum minum, hiruplah aroma secangkir teh panas Anda, maka keinginan untuk merokok akan semakin menjauh.

  • Minum susu

Studi yang dilakukan Dukes University, susu bisa membuat seseorang tidak bisa menikmati rokok dengan baik. Sebagian besar dar mereka mengeluh rasanya berubah menjadi pahit. Hal ini juga berlaku pada produk sejeninya, seperti keju dan yoghurt.

 

Baca Juga : Alasan Perokok Sebabkan Kecanduan Para Penggunanya

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes