Single post

Ternyata Begini Cara Rokok Merusak Jantung Manusia

Ternyata Begini Cara Rokok Merusak Jantung Manusia,- Tidak sedikit masyarakat pasti sudah mengetahui dampak dari kebiasaan merokok bagi kesehatan. Selain dapat mengganggu sistem pernafasan, kebiasaan merokok ini juga bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular, salah satunya adalah penyakit jantung.

Telah banyak ahli yang mengungkatkan akan bahaya rokok terhadap jantung. Namun, masih banyak dari mereka yang enggan untuk berhenti merokok. Padahal, kandungan zat kimia yang ada dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, termasuk jantung.

Untuk memahami bagaimana cara rokok merusak jantung manusia, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja jantung. Jantung bertanggung jawab untuk melakukan berbagai fungsi, yang terpenting adalah fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Jantung menyediakan darah beroksigen dan menyebarkannya ke jaringan serta organ tubuh. Oksigenasi dari darah pada dasarnya merupakan proses penggabungan oksigen dengan darah yang merupakan fungsi dari paru-paru.

Jantung sisi kanan mengambil darah yang tidak mengandung oksigen dan memompanya ke paru-paru untuk proses oksigenasi, dan jantung sisi kiri menerima darah kembali dari paru-paru yang telah mengandung oksigen. Kemudian darah yang mengandung oksigen ini akan dipompa oleh otot jantung ke seluruh tubuh untuk jaringan dan berbagai organ.

Sistem kerja normal jantung ini dapat rusak karena racun dalam rokok. Didalam satu batang kecil rokok terkandung dua bahan kimia yang dapat merusak jantung, yaitu karbonmonoksida dan nikotin.

Ketika asap rokok dihirup, maka karbon monoksida akan masuk ke dalam paru-paru dan menuju aliran darah. Gas ini nantinya akan menempel pada hemoglobin darah, padahal diketahui bahwa hemoglobin bertanggung jawab untuk pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Karbonmonoksida nantinya akan mencuri oksigen dari sel darah merah yang menyebabkan organ jaringan tubuh terdalam kekurangan oksigen.

Selain itu, karbonmonoksida juga akan menempel di dinding arteri dan membuatnya menjadi keras dan kaku. Inilah yang nantinya bisa membuat perokok mengalami serangan jantung.

Baca Juga :

Disisi lain, nikotin dapat merangsang produksi adrenalin dalam tubuh serta nenvyar saluran darah menjadi sempit, ini mengakibatkan jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah.

Ketika tekanan darah tinggi, dinding arteri akan memuai dan bergari-sgaris, yang kemudian membuat racun-racun menempel bersama dengan sel darah yang rusak. Semua ini akan meningkatkan risiko penyumbatan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Selain itu, rokok juga mempengaruhi jantung dengan dampaknya terhadap produksi kolesterol. Merokok dapat meningkatkan produksi LDL yang merupakan kolesterol jahat, dan mengurangis produksi HDL yang merupakan kolesterol baik.

Kolesterol menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah, kemudian mencegah aliran oksigen ke jantung dan seluruh tubuh. Maka dari itu, jantung akan bekerja sangat ekstra hingga dapat menyebabkan serangan jantung.

Itulah bagaimana cara rokok merusak jantung manusia yang perlu diwaspadai. Menjadi perokok aktif ataupun perokok pasif dalam jangka panjang dapat menimbulkan bahaya serius pada jantung. Tekanan darah melonjak dan jantung harus bekerja lebih keras setiap harinya. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Lakukanlah secara perlahan dan ubahlah dengan melakukan hobi atau kebiasaan yang lebih menyehatkan.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes