Single post

Dampak Langsung Merokok Setelah Berbuka Puasa

Dampak Langsung Merokok Setelah Berbuka Puasa,- Menjalankan puasa selama bulan Ramadhan merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Ketika berpuasa, kita tidak diperkenankan untuk makan, minum, dan juga menahan hawa nafsu. Bagi perokok, mereka juga harus berhenti merokok selama berpuasa, dan ini merupakan hal yang mungkin akan lebih berat untuk dilakukan.

Meskipun memiliki kebaikan, yaitu jumlah rokok yang biasa diisap setiap harinya berkurang, hal ini juga dapat menimbulkan dampak negatif. Tidak sedikit perokok yang langsung merokok setelah berbuka puasa, padahal ini dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Banyak penggiat kesehahatan, baik itu dokter ataupun aktivis antirokok yang menyarankan agar para perokok berhenti menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen untuk berhenti merokok secara total. melihat efek buruk dari merokok di bulan Ramadhan, maka saran ini cukup baik untuk diikuti.

Menurut Dr. J. Issac, spesialis respiration medis di Tawam Hospital pada Gulfnews menyebutkan bahwa menggunakan produk tembakau, termasuk mengunyah tembakau sangatlah berbahaya, terutama ketika baru berbuka puasa.

Tubuh seseorang yang berpuasa sangat memerlukan asupan cairan, glukosa, dan oksigen. Merokok dalam kondisi tubuh seperti ini bisa berujung pada kontraksi pembuluh darah. Hal ini bisa mencegah oksigen mengalir dalam tubuh.

Presiden dari Jordan National Anti-Smoking Society, Mohammad Shreim, mengatakan bahwa langsung merokok berbatang-batang setelah belasan jam tanpa paparan nikotin menempatkan sisitem saraf dan pulmonari pada bahaya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan merokok pada hari biasa.

Menurut Dr. Riaz Ahmad Minhas, dokter di Emirates Clinic and Laboratories di Al Ain, Abu Dhabi, menyatakan, langsung merokok setelah minum air putih dan makan sebuah kurma adalah sesuatu yang sangat menyakitkan bagi tubuh. Dia menyarankan agar para perokok bisa mengjhindari merokok setelah berbuka puasa, karena hal ini bisa menghancurkan kesehatan tubuh mereka.

Dr. Minhas mengatakan, Ramadhan merupakan kesempatan yang baik bagi para perokok untuk berhenti. Jika seseorang bisa tidak merokok selama sehari penuh, maka dengan tekad kuat dia bisa menjadikan hal ini sebagai kebiasaan dan berhenti untuk selamanya.

Artikel terkait : Bahaya Merokok Setelah Makan

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes