Single post

Dampak Menjadi Perokok Sosial Sama dengan Perokok Aktif

Dampak Menjadi Perokok Sosial Sama dengan Perokok Aktif,- Selain perokok aktif dan pasif, ternyata ada juga jenis perokok sosial, yaitu mereka yang hanya merokok pada kesempatan tertentu, terutama saat sedang bersosialisasi dengan teman. Walaupun frekuensi merokok mereka tergolong jarang, namun nyatanya perokok sosial tetap memiliki bahaya kesehatan yang sama dengan perokok berat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Health Promotion, perokok sosial ternyata memiliki risiko terkena penyakit jantung serupa dengan mereka yang merokok setiap hari.

Dalam studi yang melibatkan 40.000 orang partisipan ini para penelitid ari Ohio State University menemukan semakin banyak orang yang masuk dalam kategori perokok sosial, dimana 10% lebih mengaku merokok dalam pertemuan-pertemuan sosial. Kebanyakan dari mereka berusia 21 hingga 40 tahun.

Ketika para peneliti menganalisa kesehatan jantung mereka, ditemukan bahwa pada perokok sosial risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol bukan sekedar lebih buruk dibanding mereka yang tidak merokok, namun ternyata identik dengan orang-orang yang merokok satu bungkus per hari.

Ketika para peneliti menambahakn faktor lain seperti obesitas, mereka mendapati bahwa 75% perokok sosial dan aktif memiliki tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, dua hal yang membahayakan jantung.

Kesimpulannya, meskipun Anda tidak kecanduan, namun bukan berarti perokok sosial tidak memiliki dampak buruk terhadap keseahtan.

Baca Juga :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes