Single post

Dampak Negatif Merokok Bagi Wanita

dampak negatif merokok bagi wanita

Bukan hanya digemari oleh kaum laki-laki saja, ternyata rokok juga banyak disukai oleh kalangan perempuan. Kini kecenderungan wanita yang merokok posisinya hampir sama dengan jumlah pria yang merokok. Entah itu karena stress atau gaya hidup yang tidak benar, perokok wanita setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Hal ini tentu berbahaya, pasalnya beberapa penelitia mengungkapkan jika  ancaman keseahtan bagi perokok wanita serung lebih besar daripada perokok pria.

Berikut ini beberapa dampak negatif merokok bagi wanita :

  • Kanker Paru

kanker paru biasanya di dominasi oleh laki-laki. Namun, kini angka kasus kanker paru pada perempuan menunjukkan kenaikan. Diyakini kuat, hal ini terjadi karena kebiasaan merokok yang sering dilakukan. Risiko perokok wanita mengalami kanker pari cenderung 5 kali lebih besar dibandingkand engan perokok pria, meskipun kebiasaan merokok mereka sama. Hal ini disebabkan karena wanita memiliki hormone estrogen yang dapat memperbesar iriko penyakit kanker paru.

  • Kanker Payudara

Para ahli kanker masih berdebat mengenai apakah rokok bisa menyebabkan kanker payudara ataukan tidak pada manusia. Namun, telah terbukti bahwa zat-zat kimia yang terkandung dadalam rokok dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker payudara pada hewan yang telah diujicobakan.

  • Kanker Rongga Mulut, Tekak, dan Kerongkongan

Ketiga organ tersebut merupakan bagian yang langsung terpapar oleh asap rokok sebelum mencapai paru-paru. Tekak merupakan bagian belakang langit-langit mulut. Rangsangan kronis asap rokok pada organ-organ inipun dapat memicu pembentukan sel-sel kanker.

  • Kanker Serviks (Leher Rahim)

Seperti padakanker payudara, kanker serviks akibat rokok ini juga masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli. Sebagian ahli berpendapat bahwa zat racun dalam asap rokok bisa mencapai leher rahim. Hal ini bisa meningkatkan risiko HPV (Huamn Papilloma Virus) jenis serotipe tertentu yang bisa memicu pembentukan sel kanker.

  • Gangguan Kesuburan

Kesuburan atau fertilitas pada perokok dapat berkurang hingga 72%. Artinya, perempuan perokok memiliki kemungkinan lebih besar untuk mandul (infetil) daripada perempuan bukan perokok.

  • Gangguan Menstruasi

Risiko penyakit bukan hanya kanker. Kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan kemungkinan terganggunya periode menstruasi, terjadinya pendarahan yang berlebihan, juga keputihan. Ini semua bisa terjadi karena racun pada rokok memengaruhi ovarium atau indng telur dan menyebabkan rendahnya kadar hormon estrogen.

  • Gangguan Kehamilan

Pada perempuan yang sedang hamil, zat-zat racun dari asap roko juga bisa menyebabkangangguan pertumbuhan ari-ari. Karena ari-ari ini menghubungkan ibu dengan janinnya. Maka, jika terjadi gangguan pertumbuhannya dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan rendah ketika bayi lahir.

  • Gangguan Kulit

Selain dapat menggangu kesehatan, merokok bagi wanita jug bisa menimbulkan damak negatif pada kecantikan, salah satunya kulit. Karena kurangnya oksigenasi kulit, perokok wanita akan mengalami kulit kusam. Dampak lainnya, kulit akan menjadi kencur dan tidak elastis Tembakau juga bisa menyebabkan keriput muncul sebelum waktunya, yaitu berkisar dari 10 hingga 20 tahun lebih awal.

  • Masalah pada Berat Badan

Merokok bisa mengurangi sensitivitas terhadap rasa dan bau. Selain itu, nikotin akan memperlambat penyimpanan lemak dan meningkatkan pengeluaran energi hingga 200 kalori perhari jika dibandingkan dengan non perokok.

Para perokok memiliki berat badan lebih rendah daripada non perokok. Berhenti merokok bukan berarti seorang wanita akan kelebihan berat badan, namun akan membuatkan memiliki berat badan normal. Berhenti merokok yang dikombinasikan dengan pola makan sehat dan teratur akan menjaga berat badan pada level ideal.

Maka dari itu, sangat penting untuk membatasi atau bahkan meninggalkan kebiasaan merokok, agar kesehatan dapat terjaga dengan baik. Bagi Anda yang memiliki berbagai keluhan akibat merokok, obat perokok berat Chitosan Plus Capsule mungkin bisa menjadi solusi yang efektif untuk membantu mengurangi atau bahkan mengatasi keluhan-keluhan yang timbul akibat meroko.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes