Single post

Dampak Negatif Memiliki Pasangan Seorang Perokok

Dampak Negatif Memiliki Pasangan Seorang Perokok,- Berbicara mengenai rokok, tentu banyak yang telah mengetahui bahwa rokok memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan, dampak tersebut tidak hanya dirasakan oleh perokok saja, melainkan juga akan berpengaruh pada orang-orang yang ada disekitar.

Masalah yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok tidak hanya berkaitan dengan masalah kesehatan saja, tetapi juga bisa merambah pada permasalahan berumah tangga. Di Saudi Arabia, seorang hakim telah menyatakan bahwa dengan alasan suami memiliki kebiasaan merokok, seorang istri memiliki hak untuk meminta cerai dari suaminya. Hal ini disebabkan karna adanya berbagai macam kerugian yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan buruk tersebut, seperti salah satunya memicu timbulnya penyakit yang dapat menyerang istri.

Disamping itu, sebuah hasil studi dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa perokok pasif tetap memiliki risiko kesehatan yang serius. Hasil studi peneliti dari University of Maruland School of Medicine memperlihatkan hasil yang menarik. Rupanya, orang-orang yang tidak merokok tetap memiliki masalah kesehatan serius jika hidup disekitar orang-orang atau anggota keluarga yang merokok.

Peneliti mendapati fakta bahwa pria perokok pasif memiliki indeks massa tubuh dan tingkat gula darah yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak terpapar asap rokok. Itu artinya, risiko perokok pasif mengalami masalah kesehatan karena berat badan berlebih, seperti diabetes, meningkat.

Studi ini dilakukan terhadap sebuah komunitas di Pennsylvania, Amerika Serikat bernaam Amish. Komunitas ini masih menjalankan gaya hidup tradisional. Komunitas ini tidak menggunakan barang-barang modern seperti kebanyakan masyarakat Amerika Serikat. Mereka tidak menggunakan mobil, listrik, dan telepon. Komunitas ini menghidupi diri mereka dengan bercocok tanam dan beternak. Jika merokok, mereka akan memanfaatkan cerutu.

Jika Anda memiliki pasangan yang menjadi perokok aktif dan ingin menghindari dampak negatif memiliki pasangan seorang perokok, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Pastikan pasangan Anda tidak merokok didalam rumah. Memastikan pasangan tidak merokok didalam rumah merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Bicarakan secara baik-baik dengan suami agar ia bisa merokok di luar ruangan. Merokok di dalam rumah, terlebih lagi dengan ventilasi yang kurang baik akan menambah risiko kesehatan yang diterima oleh anggota keluarga lainnya.
  • Dukung pasangan untuk berhenti merokok. Jika pasangan Anda sudah memiliki keinginan untuk berhenti merokok, maka pikirkanlah cara terbaik untuk menjalaninya. Seperti dengan mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi setiap harinya, Anda juga bis amembantu menyiapkan permen untuk mengatasi mulut yang terasa tidak enak tanpa rokok. Menyiapkan peralatan kecil, seperti klip, pulpen, bola mainan, atau yang lainnya untuk menyibukkan tangan pasangan Anda yang biasanya memegang rokok. Pria biasanya kurang memperhatikan hal kecil seperti ini. Anda bisa menjadi orang yang tepat untuk mebantunya.
  • Jangan lelah untuk mengedukasi pasangan tentang bahaya rokok. Setiap kita memiliki nilai kebaikan yang dianggap penting dari ribuan hasil penelitian mengenai kejahatan rokok, maka cobalah untuk ditelaah mungkin salah satunya sesuai dengan nilai kebaikan yang dipegang oleh suami Anda. Misalnya jika suami Anda termasuk ayah yang sangat pada anak, maka tunjukkan betapa buruknya dampak kesehatan yang harus diterima oleh putra kesayangan mereka akibat asap rokok, dan hal lainnya. Jangan lelah untuk mencari peluru yang tepat dengan terus mencari informasi dan mengedukasi diri Anda.
  • Set your own rule. Anda tentu lebih mengetahui bagaimana situasi dan kondisi di rumah serta tindakan apa yang paling tepat untuk dilakukan. Namun, yang pasti, perlu diingat bahwa jangan sampai usaha Anda untuk membuat pasangan Anda berhenti merokok justru merusak hubungan Anda. Perlakukanlah suami atua pasangan Anda seperti orang yang mengalami masalah kecanduan, untuk mengatasinya diperlukan usaha yang perlahan tapi pasti.

Baca Juga : Suplemen untuk Menjaga Paru-Paru Perokok

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes