Single post

Dampak Negatif Rokok Terhadap Rongga Mulut

Dampak Negatif Rokok Terhadap Rongga Mulut

Tidak dapat dipungkiri memang rokok memiliki banyak pecinta. Kebiasaan merokok memang sudah sangat melekat pada sebagian orang, bahkan sulit untuk dihentikan. Meskipun produk rokok telah mencantumkan pictorial health warming atau gambar seram sebagai peringatan kesehatan, nyatanya tingkat konsumsi rokok pada masyarakat tidak berkurang. Hal ini tentu meresahka, mengingat penyakit-penyakit mematikan yang mengintai para perokok aktif seperti penyakit jantung, kanker paru-paru, stroke, dan sebagainya.

Fakta tersebut telah sering dibahas dalam berbagai kesempatan untuk meningkatkan bahaya rokok terhadap tubuh. Namun, sayangnya masih sedikit informasi yang diterima oleh masyarakat bahwa kebiasaan merokok juga berbahaya bagi kesehatan gigi dan rongga mulut.

Durasi merokok, jenis rokok, seberapa dalam rokok diisap, serta jumlah rokok yang dihisap akan berpengaruh terhadap seberapa efek yang ditimbulkan rokok pada gigi dan rongga mulut. Sebagian orang menduga bahwa perubahan warna pada gigi merupakan satu-satunya dampak buruk yang akan ditimbulkan akibat merokok. Tentu saja hal tersebut tidak benar. Merokok juga dapat membahayakan jaringan pendukung gigi seperti gisi dan tulang alveolar.

Berikut ini enak dampak buruk pada rongga mulut akibat merokok :

  • Bau mulut yang kurang sedap
  • Mempermudah terjadinya pembentukan plak pad apermukaan gigi dan berisiko terhadap penyakit periodontal (penyakit pada jaringan pendukung gigi)
  • Memperlambat dan menghambat penyembuhan luka pencabutan gigi dan luka pasca operasi di sekitar rongga mulut
  • Kanker ringga mulut
  • Kegagalan dalam perawatan pemasangan implan gigi
  • Penyakit oral leukoplakia, yang merupakan penyakit kanker

Bagi para perokok aktif, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk memastikan kesehatan rongga mulut Anda. Janganlah menunda sampai ada keluhan, baru melakukan kontrol. Penanggulangan yang dilakukan lebih cepat tentu lebih baik dan lebih mudah dari segi giaya, daripada penanganan yang dilakukan dalam kondisi yang sudah parah.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes