Single post

Efek Negatif Rokok pada Kulit dan Rambut

Merokok memang kini telah menjadi kebiasaan, terutama pada usia remaja dan dewasa. Pada sebagian orang, mungkin merokok bisa membuat mereka merasa tenang dan rilekz. Namun, disamping itu, banyak dampak buruk yang bisa membahayakan kesehatan perokok itu sendiri.

Mungkin telah banyak yang mengetahui bahwa merokok dapat menimbulkan beberapa jenis penyakit, seperti kanker,  penyakit jantung, stroke dan sebagainya. Namun tidak hanya itu saja, rokok juga dapat menimbulkan efek negatif pada penampilan, khususnya rambut dan kulit.

Dr. Nipun Jain dan Sri Balaji, seorang konsultan senior Dermatology dari Action Medical Institute meneliti bagaimana merokok dapat memengaruhi penampilan. Mereka pun menjelaskna lebih jauh lagi mengenai bagaimana rokok bisa merusak rambut dan kulit.

 

Efek Negatif Rokok pada Kulit dan Rambut

 

Menurut dokter kulit tersebut, merokok dapat merusak rambut dan kulit, membuat Anda terlihat jauh lebih tua. Merokok bisa menghilangkan nnutrisi penting untuk kulit. Bahkan, merokok bisa mencegah oksigen masuk ke kulit.

Nikotin dan bahan kimia lainnya yang ada didalam rokok dapat memblokir masuknya nutrisi penting untuk tubuh ke arteri. Akibatnya, bisa dengan mudah menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput.

“Bahan kimia yang dilepaskan dari asap tembakau memicu perusakan kolagen dan elastin. Hal ini menyebabkan kulit kendur dan keriput,” kata Nipun.

Efek negatif lainnya yang bisa timbul akibat merokok adalah dapat menyebabkan timbulnya garis halus di sekitar bibir. Ketika merokok, otot-otot tertentu di sekitar bibir digunakan sehingga menyebabkan timbulnya keriput karena hilangnya elastisitas.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa perokok lebih rentan terhadap bintik-bintik penuaan. Bintik-bintik tersebut seperti bercak yang membuat warna kulit menjadi lebih gelap. Umumnya timbul di bagian wajah dan tangan.

Tidak hanya itu, merokok juga bisa menyebabkan warna kulit kusam, warna kuku berubah, termasuk merusak warna putih cemerlang pada gigi. Yang penting lagi, merokok dapat mempercepat proses penipisan rambut pada pria dan wanita. Merokok dapat menyumbat arteri yang mengurangi pasokannutrisi bagi tubuh juga memblok nutrisi ke kepala.

Asap rokok juga dapat dengan cepat menimbulkan keriput di area mata. Bahkan tidak jarang juga asap yang berasal dari pembakaran rokok bisa menyipitkan mata.

Baca Juga : Kebaikan yang Bisa Di Dapat Jika Tidak Merokok

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes