Single post

Gejala Awal Kanker Laring yang Mengintai Perokok

obatperokok.com,- Laring merupakan organ yang terletak dibagian atas trakea. Laring memiliki panjang sekitar 5 cm dan terkadang disebut juga kotak suara. Para pria, kita dapat melihat dan merasakan bagian dari depan laring sebagai jakun di depan leher, tepat dibawah dagu. Laring mengandung pita suara yang jaringan otot berbentuk V pada lapisan dalam laring. Mereka bergetar ketika udara lewat diantara pita tersebut serta dapat menghasilkan suara.

gejala-awal-kanker-laring-yang-mengintai-perokok

Kanker laring merupakan salah satu gangguan yang bisa terjadi. Kanker laring menyerang bagian pita suara yang merupakan jalan nafas manusia. Kanker laring jarang terjadi pada mereka yang berusia dibawah 40 tahun dan paling sering terjadi pada orang yang berusia diatas 60 tahun.

Gejala awal yang dialami oleh penderita biasanya berupa serak yang tidak kunjung sembuh meskipun sudah diobati. Jika serak terus berlanjut, maka penderita harus waspada dengan kemungkinan tumbuhnya tumor kanker laring tersebut.

Serak tidak selalu diawali dengan batuk, pilek, ataupun radang. Serak tersebut timbul karena terjadi penyumbatan pada jalan nafas dan tumbuhnya tumor yang mengganjal dan membuat pita suara bergeser.

Gejala awal ini biasanya timbul pada stadium lanjut. Namun, pada stadium lanjut serak juga akan disertai dengan sesak karena penyumbatan semakin besar pada jalan nafas yang juga merupakan pintu masuk menuju paru-paru.

Baca Juga : Dampak Rokok Bisa Sebabkan Kerusakan DNA Permanen

Tumor laring disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor endogen dari dalam tubuh yang memiliki gen tertentu untuk mengubah sel jinak menjadi ganas (faktor keturunan) dan faktor eksogen yang meliputi merokok, alkohol, infekis kronis radang tenggorokan hingga pita suara, dan virus tertentu Huma Papiloma Virus (HPV) yang juga menjadi penyebab kanker serviks.

Hingga saat ini, penderita kanker laring yang terjadi masih cukup banyak karena jumlah perokok juga terus meningkat. Perbandingan antara perokok aktif dan pasif juga dinilai sama saja, karena perokok pasif intens terpapar asap yang mengandung zat karsinogen sama saja dengan perokok aktif.

meskipun dominan kaum pria, namun kaum wanita juga mulai banyak yang menjadi perokok. Tidak hanya rokok dan alkohol, tempat kerja juga berpengaruh jika banyak debu yang menimbulkan zat karsinogen seperti debu asbes. Pekerjaan sebagai buruh kayu dan buruh garmen yang menyebabkan iritasi kronis juga dapat memicu timbulnya kanker laring.

Makanan yang dibakar dan diasinkan juga bisa menghasilkan zat pemicu kanker laring. Maka dari itu, masyarkaat diimbau untuk menjaga pola hidup sehat dan menjauhi atau mengurangi asupan rokok dan alkohol yang menjadi pemicu utama timbulnya kanker laring dibanding faktor keturunan.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes