Single post

Inilah Jenis Rokok yang Berpotensi Sebabkan Kanker

Inilah Jenis Rokok yang Berpotensi Sebabkan Kanker,- Tidak dipungkiri, tidak sedikit para ahli yang telah mengeluarkan larangan untuk merokok. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada didalam rokok dapat memicu timbulnya beragam penyakit, mulai dari gangguan pada sistem pernafasan, hingga kanker.

Ada beragam jenis rokok yang bisa kita temui. Namun, para ilmuwan mengklaim bawha jenis rokok light dengan lubang kecil pada filter menjadi salah satu jenis rokok yang berpotensi sebabkan kanker, umumnya kanker paru-paru atau disebut juga adenokarsinoma.

Fakta ini terungkap setelah pakar kesehatan melakukan penelitian selama 50 terakhir. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa penggunaan lubang kecil pada filter rokok ternyata bisa menyebabkan paparan racun dari rikok menjadi jauh lebih berbahaya.

Peneliti utama, Dr Peter Shields, dari Ohio State University menyebutkan bahwa hal tersebut sebenarnya untuk menipu perokok dan masyarakat lain bahwa jenis rokok tersebut lebih sehat dan aman.

Di Amerika dan Inggris, membeli kemasan rokok dengan kata-kata “light” atua “tar rendah” dianggap ilegal. Namun, para ilmuwan menyebutkan bahwa regulator seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) harus segera mengambil tindakan untuk lubang filter pada rokok.

Dalam studi ini, para ilmuwan melakukan analisis mendalam terhadap literatur penelitian termasuk uji klinis, studi epidemiologi dan investigasi toxilogical yang mencakup dokumen perusahaan tembakau internal.

Dengan adanya lubang ini, para perokok justru akan memasukkan lebih banyak asap yang berisi racun dan berbagai bahan kimia berbahaya lainnya yang dapat memicu kanker. Karena semakin banyak asap yang dihisap, maka kemungkinan racun untuk mengendap pada paru-paru juga menjadi semakin besar, termasuk pada bagian yang paling dalam sekalipun. Karena alasan inilah, rokok light justru dianggap sebagai jenis rokok yang berpotensi sebabkan kanker.

“Lubang ventilasi filter akan menghasilkan lebih banyak karsinogen, yang kemudian juga memungkinkan asap masuk ke paru-paru dan mengendap lebih dalam. Di situlah adenokarsinoma lebih sering terjadi,” ucap Shields.

Menurut para ilmuwan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan bahwa melarang lubang filter tidak akan meningkatkan kecanduan rokok atau paparan bahan kimia beracun.

Baca Juga :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes