Single post

Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Merokok

Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Merokok – Merokok dapat menjadi sumber untuk memicu terjadinya berbagai penyakit yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Dampak yang berbahaya dari merokok adalah terjadi pada saluran pernapasan. Meskipun begitu, masih saja banyak orang yang melakukan kebiasaan merokok setiap hari tanpa memikirkan dampak buruk atau penyakit yang sedang mengintai di kemudian hari.

Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Merokok

Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Merokok

Di dalam sebatang rokok terdapat banyak zat yang berbahaya untuk tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit, tidak heran jika para perokok banyak yang mencari obat pembersih paru-paru perokok untuk menghindari terjadinya penyakit. Jenis penyakit yang disebabkan oleh merokok, diantaranya :

Penyakit Jantung Koroner

Terjadinya kematian mendadak akibat dari serangan jantung koroner 10 kali lebih banyak pada seorang perokok. Angka kematian dari perokok tiga kali lebih sering terjadi dibandingkan dengan yang bukan perokok. Hal ini dapat terjadi karena rokok dapat membentuk karat lemak pada pembuluh nadi koroner dan membuat sel mudah untuk saling melengket. Ini kemungkinan besar dapat berpotensi menyumbat pembuluh nadi dengan perlahan. Bila serangan terjadi pada pembuluh koroner, maka dapat menimbulkan serangan jantung koroner dan stroke.

Penyakit Tuberkulosis

Tuberkulosis (TBC) yang terjadi pada paru-paru lebih sering menimpa orang yang merokok dibanding yang bukan perokok. TBC memiliki gejala yang dapat sulit untuk dikenali bahkan pengobatannya pun harus dilakukan dalam waktu yang panjang. Bila tidak diobati secara tuntas maka penyakit ini akan kambuh kembali.

Penyakit Bronkitis Menahun

Mekanisme bulu-bulu getar pembuluh paru-paru menurun dapat membuat paru-paru mudah untuk terserang infeksi seperti bronkitis menahun. Selain membuat batuk yang lama dapat juga bercampur dengan serat darah. Akan menimbulkan juga sesak napas, nyeri dada dan adanya bunyi tidak normal di paru-paru. Karena kondisinya yang sering diabaikan, infeksi menahun ini dapat merusak bagian dari paru-paru sehingga fungsinya menjadi menurun.

Penyakit Maag

Maag bukan hanya muncul karena kurangnya menjaga pola makan dan kesehatan makanan saja, rokok juga bahayanya bisa sampai pada lambung. Karena sering diabaikan lambung yang terkena dampak rokok biasanya mengalami masalah yang menahun. Bila kebiasaan merokok tidak dihentikan maka penyakit maag yang tidak diobati juga akan semakin memburuk. Komplikasi dari penyakit maag dapat membuat lambung menjadi jebol.

Kanker Paru Paru

Memang awalnya mungkin hanya batuk yang tak kunjung sembuh atau batuk berdahak encer kemudian disertai dengan dahak bercampur darah dan sesak napas. Namun, jangan salah bisa jadi ini dapat menjadi tanda adanya kanker paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok yang belum anda hentikan. Kanker paru-paru bila terus dibiarkan tanpa adanya pengobatan dan kebiasaan masih terus dilakukan, maka akan berujung pada hal yang menakutkan yakni kematian.

Itu hanya sebagian besar penyakit yang dapat disebabkan oleh merokok. Selain yang telah dibahas di atas, masih banyak penyakit yang bisa terjadi akibat dari kebiasaan merokok yang belum anda hentikan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda membiasakan diri untuk hidup sehat dan menghentikan kebiasaan buruk yang sering anda lakukan khusunya merokok agar tubuh anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yag sedang mengincar anda. Semoga bermanfaat 😉

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes