Single post

Kebaikan yang Bisa Didapatkan Jika Tidak Merokok

Membahas mengenai rokok memang tidak akan pernah ada habisnya. Pasalnya, semakin hari jumlah perokok semakin bertambah, mulai dari remaja, hingga dewasa. Bahkan saat ini tidak sedikit pula anak-anak yang telah menjadi seorang perokok aktif. Meskipun telah banyak himbauan akan bahaya merokok, namun para perokok tetap tidak menghentikan kebiasaanya tersebut. Semua hal negatif pada rokok tampaknya tidak memberikan pengaruh terhadap para perokok dan tidak mempan untuk membuat mereka berhenti.

Padahal, jika mereka berhenti merokok, akan ada banyak kebaikan yang bisa didapatkan, baik itu dari segi kesehatan maupun materil. Nah, apa saja kebaikan yang bisa didapatkan jika tidak merokok ?

Kebaikan yang Bisa Didapatkan Jika Tidak Merokok

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika tidak merokok :

  • Terhindar dari risiko kanker. Merokok merupakan salah satu penyebab utama timbulnya penyakit kanker serta berbagai jenis penyakit komplikasi lainnya. Vinit Talwar dari institut Kanker Rajiv Gandhi menyebutkan bahwa hampir 60-70% kasus kanker pada pria diakibatkan oleh tembakau akibat merokok.
  • Gigi lebih putih. Sudah ada banyak kasus orang-orang yang giginya menghitam dan rapuh karena volume merokok yang sangat tinggi. Merokok secara berlebihan dapat merampas kecemerlangan dan kesehatan gigi. Hal ini disebabkan zat nikotin di dalam sebatang rokok bisa merusak gigi putih Anda.
  • Kulit lebih segar. Ketika merokok, karbondioksida yang terdapat pada asap rokok dapat mengunci aliran oksigen dalam darah. Proses ini dapat menyebabkan kelembaban kulit todak terjaga, sehingga memberikan dampak warna kulit yang lebih kusam serta kering. Sebaliknya, ketika berhenti merokok warna kulit akan berubah menjadi lebih segar, memeiliki rona merah dan lebih moist.
  • Tidak keriput. Selain memiliki kulit yang lebih segar, orang yang tidak merokok juga akan terlihat lebih awet muda. Dilansir dari Boldsky, merokok merupakan penyumbang terbesar penuaan dini pada kulit dibandingkan dengan paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan racun dalam rokok dapat mengganggu peredaran oksigen dalam darah, sehingga kulit menjadi kusam, tidak segar, dan mudah berkeriput.
  • Aroma tubuh dan nafas segar. Jika Anda perhatikan, aroma badan seorang perokok akan lebih mengganggu dibandingkan dengan mereka yang tidak pernaj tersentuh asap rokok. Aroma asap rokok dapat menempel pada tubuh, sehingga sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu, salah satu kebaikan yang bisa Anda dapatkan jika tidak merokok adalah aroma tubuh dan nafas yang lebih segar.
  • Produktivitas kerja meningkat. Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, maka aliran oksigen dalam darah akan mengalir lancar ke otak dan seluruh tubuh. Ini tentu akan membuat Anda lebih bergairah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, dengan pikiran yang lebih cerah, maka pekerjaan akan bisa diselesaikan dengan cepat dan teliti.
  • Bebas dari stress. Menurut penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Psychiatry terhadap 500 perokok di klinik perokok Inggris menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat membuat mood lebih rileks dan terhindar dari stress. Hal ini disebabakn karena perokok dapat terbebas dari nikotin yang memberikan efek candu yang menyebabkan stress yang berkelanjutan.

Baca Juga : Obat Perokok Berat

Selain beberapa kebaikan tersebut, menurut peneliti dari Peninsula Medical School, Inggris, menyebutkan bahwa lebih banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan jika seandainya Anda tidak merokok. Seperti pernah dilansir Health beberapa waktu lalu, peneliti menyebutkan setidaknya ada 25 keuntunga. Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Lebih sehat. Menghisap rokok sama dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit. Berdasarkan uji laboratorium, sebatang rokok mengandung ratusan jenis bakteri dari 15 kelas yang berbeda.
  • Lebih pintar. Selain bakteri, rokok juga mengandung zat kimia yang berbahaya. Jika tidak merokok, maka kita akan terhindari dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak.
  • Terhindar dari tumor otak. Hal tersebut disebabkan karena asap rokok dapat masuk ke dalam paru-paru dan bisa menyebar dengan cepat ke dalam pembuluh darah di otak. Maka dari itu, dengan berhenti merokok, Anda akan terhindari dari penyakit tumor otak.
  • Memiliki umur lebih panjang. Berdasarkan penelitian, setiap satu batang rokok yang dihisap dapat mengurangi 11 menit kesempatan hidup.
  • Produktif. Karena Anda akan jauh lebih sehat dan pintar setelah berhenti merokok, tentu saja hal tersebut dapat membuat pekerjaan kita bisa selesai dengan lebih cepat dan produktif karena jarang sakit.
  • Khusus bagi wanita, kemungkinan untuk hamil akan lebih besar. Wanita yang tidak merokok akan terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduksi wanita.
  • Ibu mengandung yang tidak merokok lebih rendah terkena risiko melahirkan anak cacat. Pasalnya, zat kimia dalam rokok bisa menyebabkan mutasi gen yang diturunkan pada anak.
  • Hemat uang. Jika tidak merokok, maka kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok. Dan kita bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli hal yang lebih dibutuhkan.

Selain itu, masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan jika tidak merokok. Maka dari itu, sudah sangat jelas bahwa tidak merokok dapat menjadikan hidup kita lebih baik dan lebih sehat. Selain itu, hindari juga asap rokok yang juga memiliki dampak yang sama dengan perokok aktif.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes