Single post

Kebiasaan Merokok Bisa Sebabkan Pembuluh Darah Pecah

Sudah banyak yang mengetahui jika merokok merupakan kebiasaan yang bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Merokok juga termasuk salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan seseorang berisiko mengidap berbagai jenis penyakit kronis.

Tidak hanya dapat meningkatkan risko penyakit kanker, penyakit jantung, stroke, masalah paru-paru, hingga darah tinggi. Merokok juga bisa meningkatkan risiko aneurisma aorta abdominal.

kebiasaan-merokok-bisa-sebabkan-pembuluh-darah-pecah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa aneurisma aorta abdominal adalah salah satu pembuluh darah utama yang memasok darah ke perut, panggul, dan kaki. Sedangkan, ketika pembuluh darah ini abdominal, hal ini sama saja bahwa pembuluh darah ini bermasalah dan bisa menyebabkan pendrahan internal parah hingga membuatnya pecah. Ketika pembuluh darah pecah, bisa dipastikan bahwa kondisi kesehatan kita akan senantiasa memburuk.

Para peneliti juga menyebutkan jika kondisi ini sangat memungkinkan menyebabkan kematian mendadak. Peenlitian yang telah dilakukan pada sekitar 15.792 perokok yang berusia 45 tahun ke atas ditemukan bahwa 1 dari 17 perokok memiliki risiko yang tinggi t erhadap pecahnya pembuluh darah aorta aneurisma.

Weihong Tang, dari University of Minnesota mengatakan, “Meskipun seseorang telah berhenti merokok selama 3 sampai 8 tahun sebelumnya, ia tetap masih memiliki risiko mengalami pecahnya pembuluh darah. Ia juga masih sangat berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan lain akibat merokok sekitar 2,6 sampai 3,5 kali lipat lebih besar dari orang-orang yang sama sekali tak pernah merokok.”

Selain merokok, pecahnya pembuluh darah juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Pecahnya pembuluh darah ini juga bisa disebabkan karena tekanan darah yang cukup tinggi, stress berat dan depresi.

Agar bisa terhindari dari risiko pecahnya pembuluh darah, tentunya kita harus senantiasa menghindari kebiasaan merokok dan menjalankan pola hidup yang sehat dan juga melakukan chek up secara teratur.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes