Single post

Konsumsi Buah Ini Bantu Sehatkan Paru-Paru Mantan Perokok

Konsumsi Buah Ini Bantu Sehatkan Paru-Paru Mantan Perokok,- Kebiasaan merokok diketahui banyak orang mampu menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan, khususnya pada saluran pernapasan. Namun, menghentikan kebiasaan tersebut juga bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi bagi mereka yang sudah lama melakukan kebiasaan tersebut.

Meskipun berhasil menghentikan kebiasaan merokok, tetapi para mantan perokok sering merasa khawatir pada kesehatan paru-paru mereka yang sudah lama terpapar asap dan racun dari rokok. Apakah paru-paru mereka akan kembali sehat dan normal serta jauh dari penyakit ?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menjawab kekhawatiran tersebut. Dalam studinya, para peneliti mengungkap bahwa ada dua jenis buah yang bisa membantu mengembalikan kesehatan paru-paru mantan perokok. Buah tersebut adalah apel dan tomat. Alasannya, kedua buah tersebut bisa memperlambat proses penuaan paru-paru secara alami.

Studi tersebut dilakukan dengan melakukan survei terhadap jenis diet (makanan) dan kondisi paru lebih dari 650 orang dewasa dari kelompok perokok serta bukan perokok di tahun 2002. Studi tersebut berlangsung dalam jangka panjang, pasalnya ditindaklanjuti 10 tahun kemudian atau pada tahun 2012.

Relawan yang mengikuti survei ini berasal dari beberapa negara, yaitu Jerman, Norwegia, dan Inggris. Mereka harus menjawab kuisioner mengenai pola makan dan jenis makanan yang mereka konsumsi. Selain itu, peserta juga menjalani spirometri atau prosedur yang mengukur kapasitas paru-paru dalam menghirup oksigen.

Hasil pengamatan ilmuwan di penelitian tersebut menunjukkan bahwa mantan perokok yang sering mengonsumsi tomat dan buah-buahan termasuk apel, maka proses penuaan paru akan melambat secara alami. Demikian pula penurunan fungsi paru mereka tidak terjadi secara cepat. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam European Respiratory Journal.

Tidak hanya mantan perokok yang bisa mengalami hal positif tersebut, namun semua relawan yang berpartisipasi dalam penelitian tesebut dan memiliki kebiasaan makan tomat, apel dan buah lainnya juga menunjukkan hasil yang sama.

Studi ini menunjukkan diet dapat membantu memperbaiki kerusakan paru pada orang-orang yang telah berhenti merokok. Makanan yang kaya buah dapat memperlambat proses penuaan alami paru-paru bahkan jika Anda belum pernah merokok,” jelas Vanessa Garcia-Larsen, sperti dilansir The Atlanta Journal-Constitution, Jumat (22/12/2017).

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk mengonsumsi tomat, apel, atau buah lainnya lebih dari 2 porsi sehari. Dan alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi buah tomat dan apel dalam kondisi utuh.

Baca juga :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes