Single post

Awas! Malas Olahraga Memiliki Risiko yang Sama dengan Perokok

Awas! Malas Olahraga Memiliki Risiko yang Sama dengan Perokok,- obatperokok.com – Selain mengatur pola makan sehat, olahraga juga merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari serangan berbagai penyakit. Mereka yang rahin olahraga biasanya jarang terkena penyakit karena memiliki sistem metabolisme tubuh yang bekerja dengan baik.

Namun, tidak semua orang bisa melakukan olahraga dengan rutin, baik itu karena sibuk dan tidak memiliki waktu luang atau malas melakukannya. Bagi Anda yang jarang olahraga patut waspada, pasalnya ada studi baru yang mengungkapkan bahwa orang yang malas berolahraga sama saja seperti seorang perokok.

Perokok

Temuan tersebut diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open. Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa para peneliti dari Cleveland Clinic mempelajar sekitar 122.007 kebiasaan responden dari tahun 1001 hingga 2014.

Mereka meminta para responden untuk melakukan olahraga treadmill dan kemudian mencatat angka kematian responden selama 23 tahun peenlitian. Para peneliti kemudian menemukan hubungan yang kuat antara latihan fisik dengan kehidupan yang lebih panjang dan lebih sehat.

Walaupun dipahami bahwa gaya hidup aktif bisa mengarah pada kehidupan yang lebih sehat, penelitian ini juga menyimpulkan bahwa gaya hidup yang kurang berolahraga sama dengan memiliki penyakit mematikan dan obat paling sederhananya yaitu mulai berolahraga.

Baca juga : Waspada! Perokok Lebih Rentan Terkena Asam Lambung Kronis

Salah satu penulis studi, Dr Wael Jaber, menyebutkan bahwa kurang gerak atau tidak melakukan treadmil dalam  latihan memiliki prognosis yang buruk seperti kematian, sama halnya seperti memiliki hipertensi, diabetes, atau bahkan menjadi perokok.

Studi ini juga melihat risiko menjadi terlalu aktif dan menemukan bahwa olahragawan ‘ultra’ tidak memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Secara konsisten, penelitian ini menemukan bahwa semakin banyak melakukan olahraga, maka tingkat mortalitasnya akan semakin rendah.

Mengingat begitu berbahaya dampak yang ditimbulkan, maka tidak ada salahnya untuk mulai melakukan olahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Semoga bermanfaat.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes