Single post

Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Bagi Perokok

Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Bagi Perokok,- obatperokok.com – Memenuhi kebutuhan mikronutrein seperti vitamin C bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Bahkan, pada perokok konsumsi vitamin C dalam jumlah yang tepat bisa membantu membuang racun yang ada didalam tubuh. Hal ini berlaku bagi perokok aktif ataupun perokok pasif yang sering terpapar asap rokok.

Menurut Marya Haryono, dokter spesialis gizi klinik, perokok aktif ataupun pasif terpapar radikal bebas yang tinggi dari asap rokok. Ini dapat memicu timbulnya peradangan. Dan vitamin C sendiri memiliki efek antiinflamasi sehingga dapat membantu menghalau radikal bebas karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Manfaat Vitamin C Bagi Perokok

Asupan vitamin C normal yang disarankan yaitu sekitar 70-90 miligram perhari. Namun pada perokok, dr. Marya menganjurkan untuk mengonsumsi vitamin C 35 gram lebih tinggi dari kadar normal agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Hal ini diperlukan karena tubuh akan memerlukan nutrisi tertentu untuk mengeliminasi radikal bebas tersebut. Jika penggunaan vitamin C ini tinggi, maka ototmatis tambahannya juga ada.

Untuk memenuhi sekitar 70-90 miligram vitamin C yang dianjurkan, Anda bisa mendapatkannya dari 4-5 porsi sayur dan buah. Akan tetapi, riset menyebutkan jika pola konsumsi sayur dan buah masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Jadi, kemungkinan akan sedikit sulit untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Maka dari itu, untuk melengkapi asupan vitamin C yang diperlukan oleh perokok, tentu dibutuhkan peran suplemen dan minuman vitamin C. Namun, ini harus tetap dikonsumsi sesuai dengan dosis yang disarankan. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kandungan di label kemasan sumber vitamin C lainnya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes