Single post

Mengetahui Bahaya Jangka Pendek dan Panjang Dari Merokok

Mungkin telah banyak yang mengetahui jika merokok memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Meskipun telah banyak peringatan akan bahaya merokok, namun hal tersebut tidak menghentikan kebiasaan tersebut. Justru semakin hari perokok aktif semakin bertambah, bahkan kini tidak hanya orang dewasa, namun remaja dan anak-anak juga mulai mengenal dengan kebiasaan merokok.

menurut Jarinan Pengendalian Tembakau di Asia Tenggara South East Asia Tobacco Control Akiance (SEATCA) dalam Atlas Pengendalian Tembakau di ASEAN 2015, sebesar 10% perokok di dunia berada di ASEAN, dimana 50.68% perokok ASEAN adalah perokok Indonesia yang merupakan persentase terbesar dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Prevalensi perokok laki-laki tertinggi ASEAN pun berada di Indonesia, yaitu sekitar 67.4%.

Menurut salah satu penulis buku Rokok Kretek Bukan Warisan Budaya Indonesia, Ade Permata Surya,S.GZ.,MM dalam bukunya mengenai bahaya rokok dari aspek kesehatan dapat menimbulkan berbagai bahaya pada kesehatan manusia, baik dampak langsung maupun efek menahun.

 

Mengetahui Bahaya Jangka Pendek dan Panjang Dari Merokok

 

Adapun dampak langsung atau dampak jangka pendek dari merokok yaitu seperti denyut nadi dan tekanan darah meningkat, air mata keluar banyak, rambut, baju, dan badan berbau dan peristaltik usus meningkat dan nafsu makan menurun. Untuk dampak jangka pendek (segera) seperti sirkulasi darah kurang baik, suhu ujung-ujung jari tangan dan kaki menurun, rasa mengecap dan membau hinag, serta gigi dan jari menjadi coklat atau hitam.

Sedangkan, dampak jangka panjang dari merokok diantaranya yaitu kerja otak menurun, adrenalin meningkat, tekanan darah tinggi dan denyut nadi meningkat, rongga pembuluh darah mengecil serta timbul beberapa efek ketagihan atau ketergantungan.

Dilihat dari dampaknya memang sangat membahayakan. Tidak hanya itu, merokok juga dapat berdampak menimbulkan berbagai jensi penyakit, seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung koroner, impotensi, kanker mulut, kulit, bibir, dan kerongkongan. Selain itu, merokok juga bisa merusak otak dan mengganggu seluruh sistem tubuh dan yang lebih berbahaya bagi wanita yaitu bisa mengancam kehamilan.

Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan oleh banyak orang. Dampak-dampak yang merugikan akibat merokok juga sudah banyak diketahui dengan jelas. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko timbulnya berbagai kenis penyakit serta gangguan kehamilan dan cacar pada janin.

Jangan Lewatkan : Perhatikan ! Merokok Saat Hamil Bisa Ubah DNA Bayi

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes