Single post

Para Perokok, Perhatikan Tips Berpuasa Berikut

Para Perokok, Perhatikan Tips Berpuasa Berikut,- Bagi para perokok, terutama perokok berat menghabiskan sejumlah kotak rokok perhari mungkin sudah menjadi rutinitas harian yang paling sulit untuk dihilangkan. Namun, pada bulan Ramadhan ini tentu sebagian perokok berat akan menghadapi beberapa masalah yang berkaitan dengan kebiasaan dan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan.

Menghentikan kebiasaan merokok bagi para perokok berat mungkin bukanlah hal yang mudah. Bahkan, bagi sebagian perokok, berhenti merokok pada waktu tertentu dpat menimbulkan dampak fisik dan psikologis, seperti kepala terasa sakit, berdenyut dan pusing, mual, pikiran yang menentu, bingung, dan sebagainya. Waktu tertentu yang dimaksud tentu mulai dari terbut fajar hingga terbenam matahari atua hingga saat berbuka puasa.

4 Tips Berpuasa Bagi Perokok Berat

Para Perokok, Perhatikan Tips Berpuasa Berikut

Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi pada para perokok berat saat menjalani puasa, berikut ini merupakan beberapa tips berpuasa bagi perokok berat :

  • Siap Mental Sebelum Puasa

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, perokok berta harus mempersiapkan mental. Kebiasaan merokok disiang hari akan berhenti karena Anda harus melaksanakan kewajiban berpuasa.

  • Jangan Melepas Dendan Merokok

Berpuasa hanya dilakukan pada siang hari, tepatnya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Pada waktu berbuka berpuasa, usahakan untuk tidak menyentuh rokok terlebih dahulu. Namun, sebaliknya minumlah air putih dan konsumsi makanan berbuka puasa Anda. Setelah itu, jika Anda sudah tidak bisa menahan keinginan untuk merokok, maka segeralah merokok. Namun, bukan berarti Anda melepaskan dendam lantaran tidak merokok sepanjang hari.

  • Utamakan Makan Sahur

Pada waktu makan sahur, sebaiknya utamakan makan daripada merokok. Jika tidak bisa, maka merokoklah sebelum makan sahur. Usahakan hanya makan atau minum air putih hingga waktu imsakiyah.

  • Tidak Tidur Setelah Sahur

Sebaiknya hindari tidur setelah makan sahur. Lakukalah aktivitas ringan setelah makan sahur, seperti jalan kaki, menyapu halaman, dan berbagai aktivitas ringan lainnya.

Biasanya, dampak berhenti merokok bagi perokok berat akan berkurang setelah menjalankan puasa selama beberapa hari. Pada awalnya mungkin Anda akan merasa kesulitan untuk melakuakannya, namun lama kelamaan dan mengikuti tips berpuasa untuk perokok tersebut maka Anda akan terbiasa dengan kondisi tersebut. Sehingga puasa dapat dijalankan dengan baik dan nyaman. Dan tubuhpun menjadi terasa lebih sehat.

Jangan Lewatkan : Masalah Kesehatan yang Dialami Perokok

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes