Single post

Perhatikan ! Merokok Saat Hamil Bisa Ubah DNA Bayi

Perhatikan ! Merokok Saat Hamil Bisa Ubah DNA Bayi

Telah banyak pesan yang mengingatkan akan bahaya merokok bagi ibu hamil. Bahkan, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa merokok dapat mengubah Deoxyribonucleic acid (DNA) janin yang ada didalam kandungan.

Menurut penenliti Stephanie London, pakar epidemmiologi dari National Institute of EnvironmentalHealth Sciences (NIEHS), kandungan bahan berbagaya yang terdapat pada rokok dapat mengubah DNA janin menjadi seperti DNA orang dewasa yang merokok. Hal ini memicu beberapa risiko kesehatan seperti berat badan lahir rendah, gangguan fungsi paru-paru, dan bibir sumbing.

“Saya rasa wanita sudah tahu mereka seharusnya tidak boleh merokok. Jadi efek rokok bukan hanya sekadar mengganggu kesehatan, namun kita bisa melihat bukti tersebut secara fisik,” tutur London, dikutip dari Medical Daily.

Penelitian yang dilakukan dengan mengambil data dari 13 penelitian sebelumnya, dengan total pastisipan sebanyak 6.685 bayi dan ibu dari berbagai belahan di dunia. Para ibu dikelompokkan menjadi 3, yaitu ibu yang merokok selama kehamilan, ibu yang merokok sesekali, dan ibu yang tidak merokok.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa DNA bayi yang lahir dari ibu perokok, baik merokok sesekali ataupun merokok selama hamil mengalami perubahan. Bayi-bayi tersebut memiliki DNA yang sama dengan DNA perokok dewasa dengan berbagai komplikasi masalah kesehatannya.

Peneliti menyebutkan bahwa janin memang tidak menghirup asap rokok secara langsung. Namun, kandungan berbahaya yang ada dalam rokok seperti karbon monoksida, metanol, hingga urea masuk ke janin melalui pembuluh darah yang tersambung dengan tubuh ibu.

Memang sangat mengagetkan bahwa dampak rokok bisa mengubah seseorang sejak dalam kandungan. Bayangkan saja bagaimana DNA bayi bisa memiliki kesamaan yang luar biasa dengan DNA orang dewasa yang merokok.

Dalam penelitian yang dipulikasikan di American Journal of Human Genetics, London ini mengatakan bahwa memang tidak ada bukti jika perubahan DNA bisa menyebabkan atau meningkatkans eseorang terkena penyakit yang sama. Namun, harus dicatat, bahwa perubahan DNA pasti memiliki dampak bagi tubuh.

Dampak kedepannya inilah yang memang harus di teliti lebih jauh. Yang paling penting, peneliti akan melihat bagaimana pengaruh perubahan DNA tersebut terhadap tumbuh kembang si kecil.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes