Single post

Risiko Kesehatan yang Mengintai Para Perokok Pasif

Risiko Kesehatan yang Mengintai Para Perokok Pasif,- Meskipun bukan termasuk perokok aktif, namun mereka yang sering berada di sekitar perokok dan menghirup asap dari rokok orang lain atau disebut juga perokok pasif juga berisiko terserang berbagai penyakit. Meskipun tidak merokok secara langsung, namun perokok pasif bisa ikut terkena dampak buruknya, bahkan hingga 3 kali lipat. Semakin sering seseorang terpapar asap rokok, maka semakin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang akan dialaminya.

Berikut ini beberapa risiko kesehatan yang mengintai para perokok pasif yang perlu diwaspadai, diantaranya :

Risiko penyakit gangguan pernapasan

Asap tembakau yang dihirup, termasuk oleh para perokok apsif merupakan penyebab langsung dari penyakit paru-paru pada orang dewasa dan anak-anak. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko timbulkan kanker paru-paru sebagai penyebab kematian yang signifikan pada orang dewasa. Hal ini disebabakn karena bahaya asap rokok yang terhirup dapat mengganggu fungsi paru-paru, meningkatkan produksi sputum dan batuk, serta menimbulkan ketidaknyamanan pada dada.

Meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke

Menjadi perokok pasif dapat menyebabkan darah lebih lengket dan kemungkinan untuk menggumpal, sehingga menyebabkan peningkatan risiko berbagai kondisi kesehatan, teramsuk serangan jantung dan stroke. Dari beberapa hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa merokok pasif dapat meningkatkan tingkat kematian akibat jantung koroner di Amerika Serikat sebesar 20% hingga 70%.

Gangguan kehamilan

Menjadi perokok pasif juga dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran mati, meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah, kematian bayi secara tiba-tiba yang meliputi sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) dan meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan dan kelahiran.

Lebih berisiko untuk menjadi perokok aktif

Seorang perokok apsif lebih mungkin akan menjadi seorang perokok aktif kedepannya. Hal ini disebabkan karena kandungan berbagai zat yang terdapat dalam asap rokok yang terhirup dapat menyebabkan efek kecanduan bagi penghisapnya.

 

Baca juga :

Khasiat Cordyceps Plus Capsule untuk Paru-Paru Perokok
Obat Sesak Napas pada Perokok Pasif
Bahaya Perokok Pasif

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes