Single post

Risiko Menopause Dini Rentan Dialami Wanita Perokok

Risiko Menopause Dini Rentan Dialami Wanita Perokok,- Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai salah satu dampak merokok bagi wanita, yaitu wanita perokok rentan terkena anemia. Tidak hanya itu, ternyata wanita perokok juga berpotensi mengalami menopause dini dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Menurut studi, wanita perokok akan mengalami menopause 4 tahun lebih cepat.

American Society of Reproductive Medicine, menyebutkan bahwa belum banyak wanita yang menyadari dampak rokok yang berperngaruh terhadap siklus menstruasi dann menopause mereka. Risiko tersebut dipengaruhi oleh nikotin, sianida, dan karbon monoksida pada rokok yang mempercepat hilangnya sel telur.

Menurut penjelasan dari profesor dan co-director dari Program Interdisipliner untuk Pengobatan menopause di NYU Langone’s School of Medicine, Frederick Naftolin, MD, PhD, ob-gyn, ketika sel telur mati maka mereka tidak bisa diregenerasi atau diganti lagi.

Selain kebiasaan merokok, faktor lain yang dapat memicu menopause dini berasal dari kebiasaan olahraga yang berlebihan. Walaupun olahraga termasuk salah satu aktivitas yang menyegatkan dan sangat direkomendasikan, namun dokter obgyn dari Providence Saint John’s Health Center in Santa Monica, Sherry Ross, M.D., mengatakan bahwa olahraga berlebihan dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon.

“Ada hubungan erat antara menopause dengan latihan fisik yang dilakukan dalam waktu lama dan intens menciptakan hormon tidak seimbang, sehingga ovulasi tidak tertatur dan menstruasi berhenti lebih dari dua bulan,” kata Ross dikutip dari Women’s Health.

Akibat produksi hormon yang tidak seimbang tesebut, maka ovulasi menjadi tidak teratur dan masa haid juga menjadi tidak teratur. Hal tersebutlah yang menyebabkan menopause dini bisa terjadi.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes