Single post

Rutin Jalan Kaki Bantu Kurangi Risiko Penyakit pada Perokok

Rutin Jalan Kaki Bantu Kurangi Risiko Penyakit pada Perokok,- Melakukan aktovitas fisik emmang disarankan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan, mulai dari yang ringan hingga berat. Untuk menjaga kesehatan fisik, disarankan melakukan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya atau minimal 75 menit.

Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang ringan dan mudah dilakukan oleh siapapun dan kapanpun sesuai dengan kesibukan aktivitas Anda. Berjalan adalah salah satu aktivitas fisik yang paling umum dan mampu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker payudara.

Menurut peneliti Alpa Patel dari American Cancer Society dengan menggunakan 140.000 responden, sebagian kecil (6-7%) melaporkan tidak ada aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat dan sekitar 95% melakukan aktivitas berjalan dan bentuk aktivitas fisik sedang.

Setelah mengoreksi faktor risiko laonnya, termasuk merokok, obesitas, dan kondisi kronis, penelitian ini menemukan bahwa berjalan dalam waktu kurang dari 2 jam perminggu dapat menurunkan penyebab kematian dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan aktivitas.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat jalan kaki secara rutin yang bisa didapatkan, yaitu :

  • Berat badan

Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan aktivitas jalan kaki selama 30 menit setiap hari. Aktivitas ini akan membantu membakar lemak tubuh dan menurunkan berat badan.

  • Mencegah diabetes

Ketika melakukan aktivitas jalan kaki secara teratur, maka glukosa tubuh akan digunakan sehingga membantu menurunakn kadar gula darah. Hal ini akan membantu Anda untuk mencegah risiko penyakit diabetes.

  • Menyehatkan jantung

Berjalan kaki selaam 30 menit setiap hari dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dan memastikan kesehatan jantung.

  • Mengatur tekanan darah

Manfaat jalan kaki yang terakhir yaitu dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini akan mencegah timbulnya penyakit teknan darah tinggi.

 

Baca juga :

Tips Olahraga Melatih Pernapasan
Tips Singkirkan Sisa Nikotin dalam Tubuh
Makanan Ini Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes