Single post

Selada Air Penangkal Racun Nikotin

Merokok kini sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang sulit untuk dihindari baik pada pria maupun pada wanita dan kalangan remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Salah satu kandungan rokok yang berbahaya adalah nikotin. Nikotin adalah suatu zat adiktif yang bisa mempengaruhi syaraf dan peredaran darah serta bersifat karsinogen yang memicu untuk terjadinya kanker paru-paru yang mematikan. 

Secara perlahan nikotin dapat membuat adanya perubahan pada sel-sel otak perokok. Hanya dalam hitungan detik setelah hisapan pertama maka nikotin akan mulai mempengaruhi syaraf pusat dan seluruh tubuh anda. Untuk meminimalisir racun-racun yang dapat merusak tubuh dari nikotin, dengan mengonsumsi jenis sayuran hijau juga ternyata sangat bermanfaat salah satunya dengan mengonsumsi selada air.

Selada Air Penangkal Racun Nikotin

Selada Air Penangkal Racun Nikotin

Selada air sering kita kenal sebagai lalap penambah gairah makan yang segar. Namun, ternyata selada air juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh termasuk menangkal racun nikotin dari rokok. Selada air disini berasal dari famili brassicaceae dengan nama latin Nasturtium Officinale.

Manfaat Selada Air :

  • Sebagai antioksidan untuk kekebalan tubuh.
  • Bahan senyawa anti kanker.
  • Melindungi paru-paru dari bahaya nikotin.
  • Pembersih darah.
  • Detoksifikasi racun tubuh.
  • Penangkal radang selaput lendir.
  • Melawan kanker paru-paru, mulut dan tenggorokan.
  • Bisa dibuat masker wajah.
  • Bisa dijadikan lalap, salad dan masakan.

Asal sayuran berwarna hijau ini dari wilayah timur mediterania dan wilayah yang berbatasan dengan kawasan asia. Di Indonesia sendiri, selada air sering dijumpai di daerah lahan pertanian yang airnya menggenang. Ciri-ciri dari selada air ini diantaranya berdaun hijau kecil, tangkai panjang tanpa dahan dan batang berongga dan tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Pada setiap gram selada air mengandung Vitamin C dan zat besi lebih banyak dibandingkan dengan bayam. Mengandung komponen antioksidan yang lengkap sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi racun di dalam tubuh termasuk racun dari nikotin pada rokok. Selada air juga kaya akan kandungan vitamin B, betakaroten, potasium, magnesium serta phytochemical yang menjadi senyawa anti kanker.

Penelitian terbaru pada selada air mengungkapkan bahwa selada air mampu menjadi obat untuk perokok dan melindungi kesehatan paru-paru perokok aktif. Bahan-bahan jenis karsogenik dari tembakau seperti phenethylisothiocyhate (PEITE) dapat dikeluarkan dari dalam tubuh bila mengonsumsi selada air. Selada air dapat berkhasiat untuk menangkal radang selaput lendir pada saluran pernapasan dan membersihkan darah.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes