Single post

Selain Rokok Ternyata Makanan Ini Juga Mengandung Nikotin

Selain Rokok Ternyata Makanan Ini Juga Mengandung Nikotin,- Memang selama ini rokok selalu dianggap memiliki banyak dampak yang merugikan kesehatan. Hal ini disebabkan karena rokok memiliki banyak kandungan zat kimia yang membahayakan.

Nikotin merupakan salah satu kandungan yang ada didalam rokok selama ini masih sering disorot. Nikotin berasal dari tembakau dan dianggap sebagai salah satu dari banyak zat sumber racun dalam rokok.

Daun tembakai memiliki kandungan nikotin yang beragam. Standar kadnungan nikotin yang ada didalam tembakau berkisar antara 0,5 – 3,5% per 100 gramnya. Dengan persentase yang cukup besar, selama ini rokok sering disebut dapat menyebabkan kecanduan.

Namun, tanpa diduga, ternyata selain pada rokok kandungan nikotin juga ada dalam beberapa jenis makanan yang sering dikonsumsi. Hal ini tentu cukup mengejutkan, karena selama ini kita hanya menganggap jika nikotin hanya terkandung dalam rokok.

Agar lebih waspada, berikut ini 4 jenis makanan yang mengandung nikotin yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

  • Kentang

Makanan yang sering dijadikan sebagai sumber karbohidrat saat diet ini ternyata juga memiliki kadnungan nikotin. Didalam sebuah penelitian, kentang berjenis ‘pulp’ ternyata memiliki kandungan nikotin sebanyak 15,3 gram dalam setiap buahnya. Bahkan, didalam kulit kentangnya saja kita sudah bisa menemukan sekitar 4,8 gram nikotin.

  • Kembang kol

Salah satu jenis sayuran yang sering dijadikan sebagai campuran campai atau sayur ini memang memiliki rasa yang enak, sehingga cukup banyak digemari. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata kembang kol ini mengandung nikotin ? Diketahui dalam setiap kembang kol terkandung sekitar 3,8 gram nikotin.

  • Tomat

Tomat memiliki beragam kandungan nutrisi serta khasiat yang baik bagi tubuh. Sering dianggap sebagai makanan sehat, ternyata tomat juga mengandung nikotin yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42,8 gram di setiap buahnya. Namun, semakin matang buah tomat, kandungan nikotin yang ada didalamnya pun akan semakin menurun hingga sekitar 4,1 gram saja.

  • Terong

Terong sangat nikmat jika diolah menjadi sambal, sayur, atau yang lainnya. Dibalik rasanya yang nikmat tersebut, ternyata terong mengandung 10 gram nikotin didalam setiap buahnya.

Walaupun beberapa jenis makanan diatas diketahui memiliki kandungan nikotin, tetapi para pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan ini tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan porsinya dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes