Single post

Seperti Ini Cara Rokok Merusak Paru-Paru Anda

Obat Perokok,- Merokok merupakan salah satu aktivitas yang bisa menimbulkan berbagai dampak negatif bagi tubuh. Dan paru-paru merupakan salah satu organ yang bisa mengalami kerusakan akibat merokok.

Seperti Ini Cara Rokok Merusak Paru-Paru Anda

Menurut dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Persahabatan Agus Dwi Susanto, kebiasaan merokok awalnya akan mengganggu fungsi silia, yaitu pembersih saluran napas. Silia atau bulut getar ini berfungsi untuk menangkal benda asing yang masuk ke saluran napas agar tidak masuk ke dalam organ tubuh yang lebih dalam.

Asap rokok yang memiliki kandungan ribuan bahan kimia bisa membuat silia harus bekerja keras menyari benda asing. Sampai pada akhirnya fungsi silia menurun atau menjadi tidak berfungsi sama sekali.

Hanya dengan 2 atau 3 kali hisapan asap rokok, pergerakan silia bisa menurun hingga 50%. Maka dari itu, terjadinya infeksi akan lebih tinggi.

Perokok akan lebih mudah batuk-batuk dan produksi dahak berlebihan. Perokok aktif juga berisiko tinggi terkena bronkitis kronis atau infeksi paru-paru yang berlangsung lama sebagai akibat dari tidak berfungsinya silia.

Baca Juga : Obat Batuk Berkepanjangan pada Perokok

Tidak hanya itu, perokok juga bisa mengalami penyempitan saluran napas kronik atau penyakit paru onstruktif kronis (PPOK). Pada PPOK, saluran napas seperti pipa cerobong yang berkarat. Semakin tinggi kebiasaan merokok, maka kasus PPOK akan semakin tinggi pula.

Gejala dari PPOK yang biasa timbul diantaranya adalah napas sesak atau berat, batuk kronik, dan berdahak. Kasus penyakit tuberkulosis umumnya juga terjadi pada perokok.

Pada akhirnya, perokok aktif akan mengalami penurunan fungsi paru-paru. Lebih buruk lagi, perokok aktif berisiko tinggi terkena kanker paru yang menjadi salah satu penyakit kanker paling mematikan. Agus mengatakan bahwa berdasarkan penelitian di RS Persahabatan, sebanyak 43.4% wanita dan 83.6% pria yang mengalami kanker paru adalah seorang perokok.

Selain perokok aktif, perokok pasif yang sering terpapar asap rokok juga berisiko terkena penyakit pada sistem pernapasan tersebut.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes