Single post

Ternyata Bukan Nikotin, Inilah Zat yang Berbahaya dalam Rokok

Ternyata Bukan Nikotin, Inilah Zat yang Berbahaya dalam Rokok,- Merokok dikenal luas dapat menimbulkan risiko berbagai masalah kesehatan, terutama kanker. Hal ini disebabkan karena rokok mengandung ribuan zat berbahay dan mengundang adiksi yang tinggi membuatnya menjadi salah satu pembunuh massal paling ditakuti di dunia.

Nikotin merupakan salah satu kandungan pada rokok yang dianggap paling berbahaya. Nikotin merupakan hal yang tidak terpisahkan dari tembakau. Zat ini terkandung dalam daun tembakau yang membuat tanaman ini menjadi berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, temabakau, atapalagi yang sudah berbentuk rokok, harus dikendalikan.

Namun perlu diketahui, ternyata nikotin sebenarnya bukanlah zat yang paling berbahay dalam rokok. Menurut Koalisi Indonesia Bebas TAR (KABAR), yang paling beracun dalam sebatang rokok sebenarnya adalah tar. Tar didefinisikan sebagai bentukan dari senyawa bahan kimia.

Ketua KABAR dan peneliti Yaysan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Indonesia, Amaliya, menjelaskan bahwa efek terburuk dari rokok adalah tar yang dibakar. Pembakaran apapun memang akan menghasilkan tar, seperti kertas.

Tar bersifat karsinogenik atau memicu kanker. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa ketika perokok menghisap rokok maka paparan karsinogenik terjadi di bagian dalam pipi. Sedangkan nikotin memicu orang untuk merokok terus menerus, sehingga bersifat adiktif. Jadi, bukan nikotin yang berbahaya.

Nikotin akan masuk ke otak saat rokok diisap, kemudian memicu timbulkan hormon dopamin. Akibatnya perokok akan merasa senang dan nyaman serta kecanduan.

Nikotin membuat seseorang sulit berhenti merokok, sedangkan tar adalah zat yang menimbulkan penyakit. Mirisnya, angka prevalensi rokok di Indonesia cenderung naik tiap tahun. Dari data Kementerian Kesehatan, prevalensi naok 27% pada tahun 1995 menjadi 36,3% pada tahun 2013.

Penjualan rokok yang dilakukan secara umum memungkinkan siapa saja bisa membelinya, termasuk anak-anak kecil yang belum pantas merokok.

Selain nikotin dan tar, ada banyak zat yang terkandung dalam rokok. Zat-zat tersebut berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kecanduan. Maka dari itu, mencegah dari awal dengan tidak merokok sangat disarankan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

 

Baca juga :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes