Single post

Ternyata Ini Alasan Kenapa Perokok Juga Suka Minum Kopi

Ternyata Ini Alasan Kenapa Perokok Juga Suka Minum Kopi,- Sepertinya merokok tanpa minum kopi kurang lengkap. Para perokok tentu setuju dengan pernyataan ini. Entah bagaimana kedua hal ini bisa berhubungan. Lalu, apa alasan perokok cenderung suka minum kopi ?

Dilansir dari timlo. Net mengutip dailymail, para peneliti mengungkapkan bahwa ternyata semua ini disebabkan karena gen kita. Mereka yang memiliki gen perokok biasnaya menginginkan kopi setelah merokok. Dan karena nikotin mengubah cara tubuh mereka mengolah kafein, maka para perokok minum lebih banyak kafein untuk menambah energi.

Para peneliti dari the University of Bristol menguji gen 250 ribu orang dari Norwegia, Denmark, dan the United Kingdom (UK). Merkea ingin menguji hubungan antara merokok dan kafein. Mereka menemukan orang yang memiliki gen tembakau ingin minum kopi setelah merokok.

Sedangkan penduduk Inggris dengan DNA yang sama ingin minum teh. Perbedaan diantara keduanya lebih dikarenakan budaya karena orang Inggris lebih suka minum teh. Pemimpin penelitian ini, Profesor Marcus Munafo menyebutkan jika orang-orang di Norwegia dan Denmark tidak minum teh sebanyak orang-orang di the UK.

Mereka juga menemukan jika perbedaan genetis memengaruhi banyaknya rokok yang dihisap. Ada orang yang hanya ingin menghisap sebatang rokok per hari. Tetapi mereka yang memiliki lebih dari satu lilitan gen DNA ini memiliki keinginan untuk merokok lebih dari satu batang.

Profesor Marcus menambahkan, jika Anda merokok 10 batang perhati lebih banyak dari orang disebelah Anda, maka Anda akan minum setara dengan satu setengah gelas kopi perhari.

Namun, para ilmuwan ini menekankan jika rokok bisa mempengaruhi cara orang mencerna kafein. Nikotin membuat tubuh mengolah kafein lebih cepat. Hal ini berarti perokok merasa perlu mengonsumsi lebih banyak kafein untuk memperoleh manfaatnya. Namun, mereka dengan cepat mengatakan jika merokok dapat meningkatkan konsumsi kafein. Sedangkan konsumsi kafein tidak mempengaruhi kebiasaan merokok.

Walaupun begitu, ternyata minum kopi bisa memberikan manfaat bagi kesehatan para perokok, yaitu dapat membantu menurukan risiko kanker kandung kemih secara signifikan.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal kesehatan yang berjudul British Medical Journal, disebutkan bahwa terdapat 1.000 kasus masalah kesehatan yang berhubungan dengan kebiasaan merokok yang dipelajari. Para perokok yang dicek kondisi kesehatannya juga dicek kebiasaan minum kopinya.

Hasilnya, kebiasaan merokok memang bisa memicu timbulnya penyakit kanker kandung kemih dimana risiko terkena penyakit ini meningkat hingga 2 kali lipat atau lebih. Namun, jika perokok ini mengonsumsi setidaknya 3 cangkir kopi dalam seminggu, maka risiko terkena penyakit ini akan menurun dnegan signifikan, yaitu setara dengan yang dimiliki oleh para pecinta kopi yang tidak merokok. Bahkan, jika para perokok ini sama sekali tidak minum kopi, maka risiko penyakit ini akan meningkat hingga 7 kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Kandungan kafein yang ada dalam kopi disebut-sebut memang bisa menurunkan pengaruh racun dari asap rokok. Karena alasan inilah ada baniknya memang para perokok yang masih belum bisa menghentikan kebiasaan ini untuk rutin mengonsumsi kopi untuk menjaga kondisi kesehatannya.

Hanya saja, jika memang sudah berniat untuk berhenti merokok, maka segera lakukan sebelum terkena masalah kesehatan yang berbahaya. Jika kita berhasil melakukannya dan tetap rutin minum kopi dengan jumlah yang moderat, maka tubuh pun akan mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

 

Baca juga :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes