Single post

Ternyata Merokok Bisa Merusak Kualitas Sperma

Ternyata Merokok Bisa Merusak Kualitas Sperma,- Sudah diketahui dengan pasti bahwa merokok bukanlah kebiasaan yang sehat dan dapat menimbulkan beragam dampak yang membahayakan tubuh. Bahkan, kini dalam kemasan rokok telah tercantum beragam bahaya dari merokok. Namun, hal tersebut tidak menurunkan minat terhadap rokok.

Dari sekian banyak dampak yang bisa timbul akibat merokok, impotensi dan gangguan kehamilan merupakan salah satu diantaranya. Bagi Anda yang ingin merencanakan kehamilan, tentu hal ini harus mendapatkan perhatian. Pasalnya, merencanakan kehamilan berarti harus ada kerjasama antara suami dan istri. Keduanya harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Selain itu, keduanya juga harus menjalankan pola hidup sehat yang disarankan, termasuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menghambat kehamilan, salah satunya kebiasaan merokok pada pria.

Merokok dapat membuat sperma kurang mampu dalam membuahi sel telur dan membuat embrio yang telah dibuat kurang mampu untuk bertahan hidup. Normalnya sel sperma manusia memiliki dua zat penting yang tinggi protein yang disebut dengan protamine 1 dan protamine 2, serta jumlah keduanya seimbang. Namun, para sperma perokok kadar antara keduanya tidak seimbang, dimana jumlah protamine 2 menjadi lebih sedikit dan kondisi tersebut berpotensi membuat kerusakan pada DNA.

Jika hal tersebut terjadi, maka terdapat 2 kemungkinan yang akan timbul, yaitu sperma tidak mampu melakukan pembuahan dan ataupun jika berhasil terdapat potensi rentan terjadinya keguguran yang cukup tinggi.

Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam rokok, seperti tar dan nikotin mampu masuk ke air mani yang kemudian memengaruhi kualitas dari sperma itu sendiri. Kebiasaan merokok menyebabkan menurunnya kemampuan melawan zat-zat radikal bebas yang akan masuk ke dalam air mani.

Konsentrasi radikal bebas yang terdapat pada air mani perokok dapat dikatakan lebih tinggi dibandingkan dnegan mereka yang tidak merokok. Selain itu, kandungan nikotin juga memengaruhi morfologi daro sperma dan juga jumlah sperma yang diproduksi.

Artikel terkait :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes