Single post

Ternyata Merokok Bisa Perpendek Usia Hingga 10 Tahun

Ternyata Merokok Bisa Perpendek Usia Hingga 10 Tahun,- Telah diketahui bahwa merokok dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan tubuh, seperti memicu timbulnya beragam penyakit. Namun, hasil penelitian baru di Australia menunjukkan efek rokok ternyata lebih mematikan dari yang diduga sebelumnya.

Para periset yang berasal dari Australia menyebutkan bahwa perokok memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil penelitian sebelumnya. Berita baiknya, mereka yang berhenti merokok di usia 20 tahunan atau 30-an memiliki kemungkinan 90% terhindari dari risiko tambahan dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok.

“Di tahun 1960an, kita dulu mengatakan mati karena rokok risikonya seperti hasil lemparan dadu,” ujar pakar kesehatan Australian National University Emily Banks seperti dikutip dari Deutsche Welle.com.

“Kemudian kita mengatakan, seperti hasil lemparan koin. Kini hasil penemuan kami menunjukkan, sekitar 60 persen kematian para perokok adalah karena efek rokok.”

Banks memimpin penelitian yang melibatkan 200.000 warga Australia berusia diatas 45 tahun. Hasil risetnya menunjukkan bahwa mereka yang merokok masa hidupnya diperpendek rata-rata hingga 10 tahun.

Mereka yang merokok 10 batang perhari dapat meningkatkan faktor risiko hingga 2 kali lebih besar dan mereka yang merokok lebih dari 25 batang perhari 4 kali lebih besar.

Merokok merupakan penyebab kematian terbesar di Australia yang sebenarnya bisa dicegah. Menurut DR Rob Grenfell dari National Heart Foundation yang terlibat dalam penelitian tersebut, sekitar 15.000 orang meninggal setiap tahunnya karena rokok.

Ia menambahkan, orang harus sadar bahwa merokok termasuk aktivitas berbahaya. Tida ada batasan aman dalam merokok.

Penelitian ‘Sax Institute’s 45 and Up’ merupakan penelitian terbesar dalam bidang tersebut di Australia. Menurut Banks, penelitian senada di Inggris dan Amerika Serikat juga mendapatkan kesimpulan yang sama. Selain kematian, efek buruk dari merokok juga menjadi mimpi buruk bagi par pria. Pasalnya, dikuti dari Men’s Health, merokok ternyata juga bisa memperpendek penis para pria hingga 1 cm.

Baca Juga :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes