Single post

Tips Menghentikan Kebiasaan Merokok pada Remaja

Pada masa muda sering identik dengan semangan mencoba-coba berbagai hal. Oleh karena itu, tidak sedikit remaja yang gemar mencoba hal-hal yang baru, termasuk salah satunya adalah merokok. Merokok memang telah menjadi pemandangan yang umum ditemukan, mulai dari remaja, dewasa, baik pria ataupun wanita jadi pecandunya.

Remaja merupakan perokok aktif terbesar, dimana angka di usia ini sangat tinggi prevalensinya. Merokok di kalangan remaja memang sudah meluas dan sangat banyak, baik akibat dari pergaualn ataupun akibat lingkungan yang lain. Membujuk mereka untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat tentu saja bukan merupakan hal yang mudah.

 

Tips Menghentikan Kebiasaan Merokok pada Remaja

Namun, para orang tua tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa tips yang diyakini efektif untuk membantu membujuk para remaja untuk berhenti merokok dan menjalani pola hidup yang lebih sehat :

  • Memberi Contoh yang Baik

Jika Anda ingin menyuruh Anak remaja Anda menjadi lebih baik, usahakan untuk memberiknya contoh yang baik pula kepadanya. Jika Anda ingin anak remaja Anda berhenti atau tidak merokok, maka Anda juga harus diusahakan untuk tidak merokok. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa jika disebuah keluarga memiliki seorang ayah perokok, maka kemungkinan besar si anak akan menjadi perokok pula. Maka dari itu, jika sang ayah ingin tetap merokok, sebaiknya jangan dilkaukan di dalam rumah, tidak merokok di depan anak dan jangan meninggalkan jejak merokok di sembarangan tempat, terutama yang mudah terjangkau oleh anak.

  • Berkomunikasi dengan Baik

Jangan melarang anak unatuk merokok tanpa disertai dengan pemberitahuan alasan mengapa merokok tidak diperbolehkan. Melalui komunikasi yang jujur dan terbuka, si anak akan lebih memahami, mengerti, dan tidak dilanda rasa penasaran mengapa dilarang merokok yang justru membuat si anak ingin mencoba.

  • Menjelaskan Dampak Negatif dan bahaya Rokok

Remaja masa kini sering latah tergoda ikut teman untuk mencoba merokok tanpa mengetahui bahya atau dampak dari merokok itu sendiri pada kesehatan mereka. Maka dari itu, ada baiknya sebagai orangtua untuk memberitahukan dan menjelaskan damapak negatif dan bahay dari merokok. Antara lain menimbulkan bau mulut, menyebabkan bau badan tidak sedap pada pakaian dan rambut, membuat gigi dan kuku menjadi berwarna kuning, membuat kulit menjadi keriput, serta menyebabkan batuk dan kanker paru-paru.

  • Beri Pengertian dari Hati ke Hati

Merokok di kalangan remaja dianggap sebagai bukti bahwa dirinya lelaki tulen. Oleh karena itu, akan lebih baik jika orangtua menanyakan ke si anak mengapa mereka merokok sebelum memarahi dan melarangnya. Kondisi ini akan membuat orangtua dan aank lebih memahami dan dapat mencari jalan keluar agar anak-anak bisa berhenti merokok.

  • Selalu Mengawasi dengan Baik

Sebagai orangtua, Anda harus selalu mengaasi anak Anda. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan dalam mengawasinya. Berilah kebebasan pada remaja untuk menggali bakat yang dimilikinya. Selama baik dan masih dalam batasan wajar, sebaiknya jangan melarangnya.

  • Membantu Anak Berhenti Merokok

Berdasarkan penelitian, kecanduan nikotin pada remaja dapat terjadi cukup cepat. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 minggu untuk membuat remaja merasa kecanduan. Sebagai orangtua, Anda bisa menentuakn satu tanggal dimana mereka akan mulai berhenti merokok. Namun, jangan bersamaan dengan tanggal ujian atau saat-saat mereka sdang stress. jang lupa untuk memberik penghargan kepada anak jika mereka mampu berhenti merokok yang dapat membuatnya lebih termotivasi untuk berhenti secara total.

Artikel terkait : Obat Perokok Berat

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes