Single post

Tips Sederhana untuk Singkirkan Sisa Nikotin dalam Tubuh

Tips Sederhana untuk Singkirkan Sisa Nikotin dalam Tubuh,- Seperti yang diketahui, nikotin memiliki kandungan zat kimia yang dapat memicu timbulnya beragam penyakit. Nikotin merupakan salah satu bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok yang bisa membuat seseorang menjadi kecanduan.

Ketika berhenti merokok, nikotin akan hilang dalam tubuh pada waktu yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada berapa banyak nikotin yang diserap, berapa lama mereka menggunakan nikotin dan tindakan-tindakan yang sudah dilakukan untuk menghilangkan nikotin dari dalam tubuh.

American Heart Association menuturkan, bahkan nikotin bisa mengakibatkan kecanduan fisik yang bertahan selama bertahun-tahun. Hal ini bisa membuat usaha berhentimerokok menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan. Berikut ini merupakan tips sederhana untuk singkirkan sisa nikotin dalam tubuh yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

Hindari alkohol, gula, dan kopi

Hindari alkohol, gula, dan kopi setidaknya untuk beberapa hari selama masa pembersihan nikotin. Alkohol bisa memperlambat nikotin keluar dari tubuh dan memicu keinginan untuk kembali merokok.

Banyak minum air

Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8 – 2 liter air perhari. Namun, nikotin dapat dibersihkan dari tubuh lebih cepat jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. Hati-hati jika Anda mengonsumsi air dalam jumlah berlebihan karena dapat membuat gangguan keseimbangan mineral dalam tubuh yang justru dapat menimbulkan penyakit lain.

Sering konsumsi brokoli

Brokoli dapat membantu mengembalikan vitamin C dan B5 ke dalam tubuh. Zat kimia pada brokoli yang disebut sulphoraphane mampu memperbaiki jalur kimia di paru-paru yang disebut dengan NRF2, yang hilang saat Anda merokok. Brokoli juga dipercaya dapat menjaga proses metabolisme tubuh berjalan optimal.

Sebuah penelitian di Roswell Park Cancer Institute melaporkan bahwa perokok dan mantan perokok yang mengonsumsi banyak brokoli memiliki kemungkinan terserang kanker paru-paru yang lebih kecil dibandingkan dengan perokok lain.

Konsumsi wortel secara rutin

Zat nikotin yang masuk ke dalam tubuh ternyata dapat merusak kulit. Untuk menjaga agar kulit tetap sehat, pastikan Anda rutin mengonsumsi jus wortel karena memiliki kandungan sejumlah besar vitamin A, K, C, dan B. Semua vitamin ini terbukti secara efisien menghilangkan nikotin dari tubuh.

Jus wortel juga baik untuk kesehatan paru-paru, melindungi sistem pernafasan dari infeksi, dan bisa mengurangi risiko emfisema. Sebuah studi mengungkapkan, kadar gamma-karoten, lycopene, lutein xanthophylls, dan alpa-carotene pada wortel dapat mengurangi tingkat kanker paru-paru.

Perbanyak konsumsi buah

Tingkat keasaman dan bitamin yang terkandung didalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk memebrsihkan tubuh dari nikotin. Jeruk mengandung cyrptoxanthin, yang membantu mencegah kanker paru-paru. Buah yang kaya akan vitamin C ini juga membantu paru-paru secara efektif mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selian itu, juga kurangi konsumsi makanan cepat saji dan makanan berat untuk beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan biskuit, buah, sayuran, dan makanan rendah kalori.

Berolahraga

Selain memperlancar metabolisme tubuh, berolahraga ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Pastikan bahwa Anda rutin melakukan latihan pernapasan karena dapat memperkuat fungsi paru-paru. Olahraga setidaknya perlu dilakukan 30 menit setiap sesi dengan frekuensi hingga 5 kali per minggu. Jangan berolahraga secara berlebihan, karena hal ini bisa berakibat buruk bagi paru-paru dan jantung Anda.

 

Artikel terkait :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes