Single post

Tomat Ampuh Tekan Risiko Kerusakan Paru-Paru Akibat Meokok

Siapa yang tidak kenal tomat. Salah satu jenis sayuran ini tidak hanya memiliki rasa yang nikmat dan juga menyegarkan, juga ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan sebuah studi mengungkapkan, perokok yang rutin mengonsumsi jus tomat bisa menekan risiko kerusakan paru akibat merokok.

Seperti yang telah diketahui, tomat dikenal kaya akan antioksidan alami yaitu likopen. Kandungan zat likopen dan karoten dalam tomat bisa menurunkan 20% risiko kerusakan sel paru-paru akibat polusi udara. Buah yang sering digolongkan sebagai sayuran ini juga kaya vitamin C hingga berfungsi sebagai penguat sistem imun. Studi sebelumnya mengungkapkan bahwa konsumsi tomat juga bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat. Sedangkan, sel paru-paru orang yang merokok akan rusak karena terpapar asap rokok yang mengandung radikal bebas. Kehadiran antioksidan likopen dari tomat ini mampu menekan kerusakan pada jantung itu terjadi.

Fakta ini diketahui setelah peneliti Juntendo University School of Medicine melakukan studi terhadap tikus. Pada minuman tikus dicampur jus tomat. Hasilnya, bisa mencegah penyakit emfisema akibat asap rokok.

Emfisema merupakan penyakit progresif jangka panjang pada paru-paru. Umumnya kondisi ini membuat napas jadi pendek dan timbul mengi pada saat menarik napas. Disamping itu, jus tomat segar juga bisa membantu untuk menyembuhkan tubuh dari penyakit paru-paru seperti tuberkulosis, bronkitis dan asma.

Baca Juga :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes