Single post

Waspada !! Merokok Bisa Sebabkan Kebutaan Secara Perlahan

Berbagai peringatan tertulis sangat jelas pada setiap kemasan rokok. bahkan, berbagairisiko penyakit berbahaya yang bisa timbul akibat merokok, seperti kanker, serangan jantung, inptensi, dan gangguan kehamilan pun dituliskan di sana. Namun, selain itu, menurut beberapa penelitian para ahli menyatakan bahwa merokok juga bisa meningkatakn seseorang mengalami penyakit katarak, bahkan kebutaan.

Ada banyak organ tubuh yang dapat rusak, salah satunya adalah mata. Hal ini disebabkan karena bahan kimia yang dilepaskan oleh asap rokok dapat memengaruhi mata melalui aliran darah atau langsung pada mata. Asap tembakau mengiritasi dan mengobarkan konjungtiva, selaput tipis dan jelas yang mencakup bagian putih mata (konjungtivis).

 

Waspada !! Merokok Bisa Sebabkan Kebutaan Secara Perlahan

 

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada lebih dari 50.000 perempuan yang berusia antara 45-67 tahun, mereka yang merokok memiliki 63% peningkatan risiko katarak dibandingkan dengan yang tidak merokok. Tidak hanya meningkatkan kemungkinan katarak, namun penelitian juga telah menunjukkan bahwa perkembangan katarak juga terkait dengan merokok.

Asap rokok yang terhirup oleh perokok dapat berpengaruh negatif terhadap retina, karena aliran darah yang dibatasi oleh kontraksi jika pembuluh darah yang mengakibatkan kerusakan pada mata yang memengaruhi penglihatan. Beberapa dampak langsung yang dapat dirasakan oleh mata dari asap rokok ialah iritasi dan kemerahan.

Baca Juga : Obat Perokok

Seseorang yang menggunakan lensa kontak mengalami masalah kesehatan mata yang unik ketika merokok. Pengguna lensa kontak berada pada risiko yang lebih tinggi untuk iritasi konjungtiva yang membuat infeksi lebih berisiko. Tidak hanya itu, merokok juga dapat menciptakan kerusakan oksidatif pada retina dan mengurangi aliran darah dalam jaringan mata. Studi menunjukan bahwa perokok memiliki 3 kali risiko pengembangan terkait usia degenerasi makula daripada mereka yang tidak.

Menurut Dr Susan Blankey, seorang penasihat klinis di College of Optometrists, sangat mudah untuk melipakan mata saat berpikir tentang dampak kesehatan dari rokok. Merokok mungkin memang menyenangkan, namun itu tidak sepadan dengan risiko yang di dapat.

Sama halnya dengan dr Blankey, Deborah Arnott, chief executive di ASH mengatakan bahwa banyak perokok yang tidak menyadari bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit mata yang serius. Padahal, tidak hanya menyebabkan kematian akibat kanker atau serangan jantung, merokok juga dapat membuat Anda mengalami kebutaan.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes