Single post

Waspada! Merokok saat Hamil Sebabkan Mata Anak Juling

Waspada! Merokok saat Hamil Sebabkan Mata Anak Juling,- Merokok memang memiliki dampak negatif yang berbahaya bagi tubuh, khususnya bagi ibu hamil. Sudah banyak yang mengetahui bahwa merokok saat hamil dapat membahayakan janin yang ada didalam kandungannya. Berbagair isiko komplikasi berbahaya, seperti bayi lahir dengan berat rendah, bayi meninggal dalam kandungan, hingga bayi lahir prematur meningkat pada bayi dengan ibu perokok.

Nikotin yang masuk ke dalam tubuh akan mengurangi asupan oksigen untuk bayi dengan mempersempit pembuluh darah. Sel darah yang berperan untuk membawa oksigen juga akan membawa molekul karbon monoksida.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Acta Ophthalmologica pada tahun 2015 telah membuktikan bahwa ibu hamil yang merokok dapat memicu gangguan penglihatan anak di kemudian hari, salah satunya adalah terkena strabismus.

Strabismus adalah kondsii kedua mata tidak bsia melihat ke arah yang sama saat fokus melihat satu benda. Istilah ini biasa juga dikenal dengan cross-eyes atau mata juling. Mata juling memiliki 30 kondisi berbeda, beberapa diantaranya dikaitkan pada masalah otot, dan sebagian lainnya dikaitkan dengan kerusakan saraf. Jika dibiarkan tanpa perawatan, maka mata juling bisa baerakhir pada kebutaan permanen.

Kondisi ini bisa disebabkan karena masuknya berbagai zat kimia berbahaya yang terkandung didalam rokok ke dalam tubuh ibu hamil. Zat kimia tersebut kemudian diteruskan ke janin melalui plasenta. Hal ini tentu berpotensi mengganggu pertumbuhan janin.

Baca juga :

Selain rokok, zat dalam tembakau, alkohol, serta kafein juga bisa memengaruhi otak janin. Pada penelitian yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology dilaporkan bahwa ibu hamil yang merokok antara 5-9 batang rokok perhari memiliki 38% risiko lebih tinggi untuk janinnya mengalami mata juling, dibandingkan dengan ibu non-perokok. Sedangkan jika merokok lebih dari 10 batang perhari, maka risiko akan meningkat hingga 90%.

Memiliki kebiasaan merokok saat hamil dapat menimbulkan berbagai dampak negatif pada ibu dan janin. Tidak hanya itu, bahkan hanya menghirup asap roklok yang berasal dari orang lain pun akan memicu risiko berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Maka dari itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk tidak merokok ataupun menghirup asap rokok.

Jika ibu termasuk perokok, sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan sebelum hamil. Semakin dini ibu berhenti merokok, maka ini akan semakin baik bagi kesehatan ibu dan calon bayi. Jika pasangan atau orang di sekitar sering merokok, maka ibu bisa minta tolong mereka untuk tidak merokok di dekat ibu atau menjauhinya ketika mereka sedang merokok. Terapkanlah gaya hidup sehat dan tinggalkan gaya hidup yang buruk demi kesehatan calon buah hati kelak.

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes