Single post

Waspada ! Wanita Perokok Lebih Rentan Terkena Anemia

Waspada ! Wanita Perokok Lebih Rentan Terkena Anemia,- Merokok dapat membuat siapapun yang melakukannya melewatkan jam makannya sehingga tidak mendapatkan gizi yang cukup. Maka dari itu, perokok sangat rentan dengan ancaman penyakit anemia atau kurang darah yang dapat menurunkan kualitas hidupnya.

Anemia bisa terjadi karena sel darah merah kekurangan oksigen. Padahal oksigen sangat diperlukan oleh jaringan tubuh, seperti otot dan otak untuk menjalankan fungsinya.

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) DR dr Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK membenarkan jika seorang perokok rentan mengalami anemia. Terlebih lagi bagi wanita yang menjadi perokok aktif setiap hari.

“Orang merokok jadi jarang makan, gizinya tidak terpenuhi, termasuk tubuhnya kurang asupan zat besi,” kata dr Anie saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Selain sering melewatkan waktu makan, perokok juga biasanya tidak dapat mengatur pola tidurnya. Tidak hanya anemia, mereka juga sangat rentan dengan penyakit lainnya, bahkan bisa menyebabkan kematian dini.

Maka dari itu, setiap perokok harus mencoba untuk berhenti dari kebiasaan tidak sehat tersebut. Setidaknya, ganti hasrat ingin merokok dengan mengonsumsi cemilan sehat dari buah-buahan atau sayuran segar.

Setelah berhenti merokok, mereka pasti akan memiliki pola makan yang benar dan sehat. Disinilah mereka harus bisa mendapatkan asupan zat besi yang banyak, serta jangan mengonsumsi sayur dan buah, juga minum air putih.

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan bisa membantu kita untuk lebih mengetahui mengenai dampak dari kebiasaan merokok bagi kesehatan. Dengan menghentikan kebiasaan merokok, maka kita bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar serta juga bisa mencegah serangan penyakit yang bisa timbul kapan saja, terlebih lagi ketika menjadi seorang perokok aktif yang bisa memicu timbulnya penyakit.

Artikel terkait :

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes